Seluruh Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Hingga 2 Maret 2023, Berikut Daftar Wilayah yang Terdampak

- 26 Februari 2023, 10:01 WIB
Berikut prediksi potensi hujan lebat yang terjadi di seluruh Indonesia hingga 2 Maret 2023 mendatang.
Berikut prediksi potensi hujan lebat yang terjadi di seluruh Indonesia hingga 2 Maret 2023 mendatang. /freepik

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadinya potensi hujan lebat di hampir seluruh wilayah Indonesia hingga 2 Maret 2023 mendatang.

Berdasarkan peta probabilitas hujan yang dilaporkan BMKG pada Kamis 23 Februari 2023 kemarin, probabilitas 100 persen terdapat di wilayah Samudera Hindia selatan Jawa Barat dan Banten, sekitar Laut Natuna, Laut Jawa, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Dalam paparannya, BMKG menyebut angin lapisan bawah akan bertiup dari barat ke utara dengan kecepatan 4 - 63 kilometer per jam dan membentuk pola sirkulasi siklonik dan vorteks di wilayah barat Aceh, Australia bagian barat dan utara.

Baca Juga: Ada FTV Virus Cintaku Ngga Ada Vaksin Boosternya Hari Ini Jam Berapa? Ini Jadwal SCTV 26 Februari 2023

Selain itu, kelembaban udara lapisan menengah diprediksi lebih dari 60 persen di sebagian Indonesia pada ‪24 - 26‬ Februari 2023. Sedangkan pada 27 Februari - 2 Maret 2023, kelembapan udara cukup basah tersebut tidak berlaku di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Dengan demikian, pada periode 24 hingga 26 Februari 2023, BMKG memprakirakan potensi hujan lebat akan mendominasi di Sumatera tengah dan selatan, Kepulauan Riau, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kepulauan Maluku selatan dan Papua tengah

Adapun untuk periode 27 Februari hingga 2 Maret 2023, hujan lebat diperkirakan terjadi di Sumatera bagian utara, tengah dan pesisir barat, sebagian Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi tengah dan selatan, Kepulauan Maluku bagian selatan, dan Papua.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis FTV Kuterima Cintamu Kembali, Ada Nana Mirdad dan Reuben Elishama, Sinopsis

Dalam rinciannya, BMKG memprakirakan hujan lebat mengguyur wilayah D.I. Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, juga Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x