Tenggelamnya Jakarta Disebut Pakar Merupakan Hal Pasti dan Tidak Mungkin Dihindari

- 1 Maret 2023, 12:31 WIB
Ilustrasi Jakarta tenggelam
Ilustrasi Jakarta tenggelam /Tangkapan layar/Narasi Newsroom

 

Berita KBB - Isu Jakarta diprediksi akan tenggelam telah beredar sangat lama, banyak peneliti luar dan dalam negeri menaruh perhatian ke ibu kota negara, Jakarta, di mulai dari tahun 2008 oleh ABC Australia melalui film dokumenter, "Jakarta in Jeopardy".

Tak terlewatkan oleh Irvan Pulungan, peneliti iklim lokal dan penasihat gubernur yang mengkhawatirkan suhu yang akan naik beberapa derajat Fahrenheit di tahun 2017.

Dia pula memprediksi permukaan air laut setinggi tiga meter di wilayah Jakarta dalam satu abad mendatang.

Baca Juga: Siapa Tresnany Moonlight? Simak Profil dan Kiprahnya di Dunia Spiritual

Para pakar menilai ibu kota Indonesia itu, Jakarta, tenggelam 5-12 cm per tahun karena permukaan air yang terus naik dan memperkirakan akan tenggelam total di tahun 2030 mendatang.

Sementara menurut peneliti di Institut Teknologi Bandung Heri Andreas berpendapat bahwa pada tahun 2050 sekitar 95% Jakarta Utara akan tenggelam. Dia menilai ini merupakan ancaman serius dan bukan bahan tertawaan.

Wilayah Jakarta yang diprediksi akan tenggelam adalah Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur, membentang dari Pantai Indah Kapuk, Ancol, Gambir, Kemayoran, Harmoni, Sunter, Kelapa Gading, Cilincing, Pulogadung, dan Cakung.

Namun, pemanasan global bukan menjadi penyebab utama faktor tenggelamnya Jakarta.

Eksploitasi ilegal penggunaan air tanah yang melibatkan warga ibu kota dalam menggali sumur-sumur dan menguras akuifer bawah tanah, seraya pembangunan masif gedung-gedung pencakar langit, turut mempercepat laju tenggelamnya Jakarta, yang berkontribusi sekitar 80-90%.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x