Waspada Bahaya Leptospirosis: Bakteri dari Urine Hewan yang sebabkan Kematian

- 8 Maret 2023, 11:13 WIB
Penyebab Penyakit Leptospirosis, Ternyata Bakteri Ini
Penyebab Penyakit Leptospirosis, Ternyata Bakteri Ini /

Berita KBB – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur melaporkan jumlah kasus Leptospirosis atau penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Leptospira interrogans di Indonesia pada tahun 2022 yang berjumlah 606 kasus, dan 249 kasus pada 5 Maret 2023.

Sementara, Klinik Cleveland memperkirakan lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia terkena leptospirosis setiap tahun, dan hampir 60.000 kasus berujung kematian.

Kepala Dinkes Jatim Dr. Erwan Astha Triyono pula mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi terkait data masyarakat yang terkena leptospirosis di sejumlah fasilitas kesehatan di Pacitan.

Akibatnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada seluruh masyarakat Jatim untuk mewaspadai masalah kebersihan dan kesehatan di musim penghujan.

Baca Juga: Tim Investigasi Polri Periksa 10 Orang Pihak Pertamina Hingga 14 Warga Saksi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

"... Kita harus waspada agar jangan sampai kita abai atas problem kesehatan ini. Leptospirosis bisa ditemukan setiap waktu, tapi kemungkinannya meningkat saat musim penghujan," terang Khofifah.

WHO mengonfirmasi jika memang Leptospirosis terjadi di seluruh dunia tetapi lebih banyak muncul di wilayah-wilayah tropis dan subtropis yang mengalami curah hujan tinggi.

WHO melaporkan 920 kasus leptospirosis di Indonesia dengan 122 kematian pada tahun 2019, di antaranya datang dari sembilan provinsi: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Maluku, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

Leptospirosis sendiri merupakan penyakit yang dapat disebarkan melalui urine atau darah hewan terinfeksi seperti tikus, anjing, babi, sapi, dan hewan ternak lainnya; tetapi lebih sering ditemukan pada hewan pengerat, tikus.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x