Waspada Melaut di Perairan Selatan Jawa! Simak Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia 16 Maret 2023

- 16 Maret 2023, 09:34 WIB
Waspada Melaut di Perairan Selatan Jawa! Simak Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia 16 Maret 2023
Waspada Melaut di Perairan Selatan Jawa! Simak Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia 16 Maret 2023 /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia pada Kamis 16 Maret 2023 hari ini. Menurut situs resmi BMKG, tinggi gelombang berkisar antara 1,25 meter hingga 4 meter.

Pada hari ini, arah angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bertiup dari arah timur laut ke tenggara, demikian pula dengan di wilayah Indonesia bagian selatan. Kecepatan angin terpantau berkisar 6 - 20 knot atau sekitar 11 - 37 kilometer per jam.

Perairan mana sajakah yang terpantau bergelombang tinggi ini? Berikut Berita KBB sajikan data peringatan gelombang tinggi di seluruh perairan Indonesia yang berlaku pada Kamis 16 Maret 2023.

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1 Hari Ini Kamis 16 Maret 2023, PSM Makassar Sementara Masih di Puncak

Perairan Bergelombang Sedang (1,25 – 2,5 Meter)

BMKG memantau gelombang laut sedang di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia barat Aceh hingga Nias, dan perairan selatan Pulau Sumba.

Gelombang hingga 2,5 meter juga terpantau di Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, perairan selatan Pulau Sabu hingga Kupang - Pulau Rote, Laut Natuna Utara, dan Laut Natuna.

Gelombang dengan ketinggian lebih dari 1,25 meter ini juga terpantau di perairan utara Kepulauan Anambas – Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Talaud, perairan utara Kepulauan Halmahera, Samudra Pasifik utara Halmahera.

Perairan Bergelombang Tinggi (2,5 - 4 Meter)

Sementara itu untuk gelombang laut tinggi, menurut pantauan BMKG terdapat di perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu - Pulau Enggano, Perairan barat Lampung, dan Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x