Diguncang Gempa Bumi Berpotensi Tsunami, Kepulauan Kermadec Selandia Baru Sudah 8 Kali Lindu Selama Maret 2023

- 16 Maret 2023, 15:47 WIB
Gempa bumi dahsyat guncang Kepulauan Kermadec Selandia Baru pada Kamis 16 Maret 2023 dini hari dan berpotensi tsunami.
Gempa bumi dahsyat guncang Kepulauan Kermadec Selandia Baru pada Kamis 16 Maret 2023 dini hari dan berpotensi tsunami. /Abdul Munim/

Berita KBB - Selandia Baru diguncang gempa bumi dahsyat dengan kekuatan 7,1 magnitudo, Kamis 16 Maret 2023 dini hari waktu setempat. Pusat gempa diketahui terletak di Kepulauan Kermadec, menurut laporan Survei Geologi Amerika Serikat.

Dalam laporan tersebut, gempa bumi yang mengguncang Kepulauan Kermadec Selandia Baru pada pukul 00.56 waktu setempat itu berpusat di kedalaman 10 kilometer. Peringatan dini tsunami pun dikeluarkan setelah gempa terjadi.

Meski goncangan gempa begitu dahsyat, biro meteorologi Australia menyebut belum ditemukan adanya kerusakan di wilayah negeri Kanguru itu.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tersembunyi Apel, Bisa Bantu Tambah Nafsu Makan Asalkan Diolah Ke Dalam Bentuk Berikut

Peringatan dini tsunami pun dikeluarkan usai gempa bumi yang mengguncang Kepulauan Kermadec Selandia Baru. Diketahui bahwa gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami lokal yang merusak di sekitar episentrum. 

Berdasarkan penelusuran Berita KBB, kepulauan Kermadec terletak di sekitar 1.000 kilometer timur laut ujung utara pulau Selandia Baru. Wilayah yang luasnya hanya 33 kilometer persegi ini tidak berpenghuni, kecuali di Kepulauan Raoul.

Kepulauan Kermadec terdiri dari 3 pulau kecil dan 1 pulau utama, yakni Curtis, Cheeseman dan Macauley, serta Kepulauan Raoul. Di Kepulauan Raoul sendiri hanya terdapat stasiun meteorologi dan penginapan untuk petugas Departemen Konservasi Selandia Baru.

Baca Juga: Persib Goes to School Tingkatkan Pengetahuan Soal Suporter dan Sepakbola pada Pelajar

Berdasarkan World Data, beberapa gempa susulan terjadi beberapa jam setelah gempa utama tersebut, dengan salah satunya berkekuatan lebih dari 2,5 hingga 5,0. Gempa bumi dahsyat ini merupakan yang terkuat di Selandia Baru dalam kurun 25 bulan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x