Peringatan Gelombang Tinggi Perairan Indonesia: Gelombang 4 Meter Terpantau di Sejumlah Perairan, Apa Saja?

- 21 Maret 2023, 12:33 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi./pixabay/waktulampung.com/
Ilustrasi gelombang tinggi./pixabay/waktulampung.com/ /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia. Peringatan ini berlaku mulai Selasa 21 Maret 2023 pagi hingga Kamis 23 Maret 2023 pagi.

Menurut situs resmi BMKG, tinggi gelombang di sejumlah perairan Indonesia terpantau berkisar antara 1,25 meter hingga maksimal 4 meter.

Pada periode tersebut, pola pergerakan angin di wilayah Indonesia bagian utara cenderung bergerak dari timur laut ke timur dengan kecepatan berkisar 5 - 20 knot atau 9 - 37 kilometer per jam.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Bossque Raja Baper Pengabdi Mantan, Ada Raisya Bawazier dan Lucky Perdana, Sinopsis Ada

Di wilayah Indonesia bagian selatan, angin cenderung bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan 3 - 15 knot atau 5 - 27 kilometer per jam. Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Kepulauan Sangihe - Talaud dan Laut Sulawesi bagian tengah.

Wilayah perairan mana sajakah yang terpantau bergelombang tinggi? Berikut Berita KBB rangkum wilayah perairan yang terdampak gelombang tinggi pada periode tersebut.

Perairan Gelombang Sedang (1,25 - 2,5 Meter)

BMKG memantau gelombang sedang di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Aceh hingga Bengkulu, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Gelombang berketinggian 2,5 meter ini terpantau di perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, perairan selatan Bali hingga Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu bagian selatan, dan Selat Sumba bagian barat.

Selain itu, gelombang sedang juga terpantau di Selat Sape bagian selatan, Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, dan perairan Bitung.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x