Pemerintah Berencana Impor Beras 500 Ribu Ton Jelang Ramadhan 2023

- 22 Maret 2023, 23:08 WIB
Gudang Beras Bulog. Pemerintah Berencana Impor Beras 500 Ribu Ton Jelang Ramadhan 2023
Gudang Beras Bulog. Pemerintah Berencana Impor Beras 500 Ribu Ton Jelang Ramadhan 2023 /Foto: Antara

 

BERITA KBB – Pemerintah membuka kembali kemungkinan untuk impor beras sebanyak 500 ribu ton untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan saat Ramadhan dan Idul Fitri 2023. Namun, impor beras ini hanya akan dilakukan jika benar-benar dibutuhkan nantinya.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan bahwa ketersediaan beras di Perum Bulog saat ini tinggal sekitar 282 ribu ton.

Sedangkan, ketersediaan beras di Bulog idealnya adalah sebesar 1,5 juta ton. Ini berarti jumlah yang tersedia masih jauh dibawah stok ideal. Namun, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan sebenarnya saat ini sedang memasuki masa panen raya. Oleh karena itu, pemerintah akan mempertimbangkan kembali keputusan impor setelah melihat jumlah beras yang dihasilkan saat panen raya.

Baca Juga: Sinopsis Nakusha ANTV Kamis, 23 Maret 2023: Nakusha Pandang Foto Dirinya ketika Masih Kulit Hitam, Digu Heran

Mendag juga mengatakan bahwa harga beras belum menunjukkan penurunan karena stoknya yang menipis, sehingga harganya berpotensi akan melonjak naik menjelang Ramadhan. Itu sebabnya opsi impor akan dipertimbangkan, mengingat harga beras yang akan terus naik apabila stoknya semakin menipis.

"Oleh karena itu, walaupun berat, karena saya ini sebetulnya tidak setuju dengan impor-impor itu. Tapi tidak ada pilihan, kemarin diputuskan kembali 500 ribu ton tapi jika memang sangat perlu, karena sekarang juga sedikit lagi panen raya" Ujar Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah memberikan perintah untuk Menteri Perdagangan terkait impor beras sebanyak 500 ribu ton pada 2022 lalu.

Baca Juga: Sambut Ramadhan 1444 H, Kang Hengki Ajak Masyarakat KBB Siapkan Iman, Akan Tarling dan Gelar Operasi Pasar

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x