Cuaca Ekstrim Hingga Erupsi Gunung Berapi Menjadi Kekhawatiran Bagi Para Pemudik yang Menggunakan Moda Pesawat

- 23 Maret 2023, 11:06 WIB
Cuaca Ekstrim Hingga Erupsi Gunung Berapi Menjadi Kekhawatiran Bagi Para Pemudik yang Menggunakan Moda Pesawat
Cuaca Ekstrim Hingga Erupsi Gunung Berapi Menjadi Kekhawatiran Bagi Para Pemudik yang Menggunakan Moda Pesawat /Dok. BPBD Kab. Serang

 

 

Berita KBB – AirNav melalui Perum Lembaga Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) telah melakukan koordinasi bersama BMKG juga pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, terkait kekhawatiran akan cuaca ekstrim juga peristiwa erupsi yang terjadi di beberapa gunung yang ada di Indonesia, dapat menghambat kegiatan mudik lebaran di tahun 2023, khususnya para pemudik yang menggunakan moda pesawat terbang.

Telah beredar kabar bahwa terdapat beberapa bandara yang berpotensi turut terdampak akan erupsi gunung berapi antara lain, Bandara Abdulrachman Saleh (Malang), Bandara Adi Soemarmo (Solo), Bandara Adisutjipto (Yogyakarta), dan Bandara YAI (Kulonprogo).

Mokhammad Khatim selaku Direktur Operasi AirNav menuturkan bahwa saat ini terdapat 4 jumlah gunung berapi yang diperkirakan akan menjadi tantangan bagi para pemudik yang menggunakan lintas jalur udara karena aktivitas vulkanik yang mengakibatkan terjadinya erupsi, Gunung Ibu dan Dukono di Halmahera, juga Gunung Merapi dan Semeru menjadi gunung yang berpotensi akan mempengaruhi kegiatan mudik lebaran nanti.

Baca Juga: Cara Menghafal Al-Quran Saat Bulan Puasa Ramadhan 2023, Pakai Cara Ini Dijamin Lancar!

Kedua lembaga itu merilis update kondisi cuaca dan geologis tiap enam jam sekali, dengan begitu AirNav dapat membuat rute pengalihan untuk menghindari abu vulkanik.

Selain dari sisi angkutan mudik, antisipasi situasi darurat juga sudah disiapkan oleh pihak bandara.

Direktur Utama PT. Angkasa Pura I (AP I), Faik Fahmi menyatakan pihaknya mempersiapkan prosedur handling penumpang ke bandara lain jika ada kondisi di luar rencana.

Tak hanya itu, demi memaksimalkan pelayanan selama arus mudik lebaran 2023 kali ini, tiga bandara di bawah naungan AP I dipastikan bakal beroperasi 24 jam. Ketiga bandara tersebut adalah I Gusti Ngurah Rai (Bali), Sultan Hasanuddin (Makassar), dan Sam Ratulangi (Manado).

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: www.antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x