Cek Daerah Anda! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di Wilayah Berikut Hingga 27 Maret

- 23 Maret 2023, 11:09 WIB
Ilustrasi - BMKG
Ilustrasi - BMKG /Freepik/Kireyonok_Yuliya
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi cuaca ekstrem hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini diterangkan dalam laporan prospek cuaca mulai Selasa 21 Maret 2023 hingga Senin 27 Maret 2023.

Menurut laporan tersebut, cuaca di wilayah Indonesia hingga 27 Maret 2023 akan dipengaruhi kondisi cuaca lokal di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan lemahnya faktor cuaca global dan regional di sebagian besar wilayah Indonesia.

BMKG menerangkan, kondisi cuaca pada pagi hingga siang secara umum cenderung cerah hingga cerah berawan, lalu berlanjut dengan potensi hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat terjadi pada siang hingga sore hari.

Baca Juga: Cara Menghafal Al-Quran Saat Bulan Puasa Ramadhan 2023, Pakai Cara Ini Dijamin Lancar!

Diprediksi, potensi hujan lebat tersebut akan terjadi di sebagian besar wilayah pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian utara, dan Sulawesi bagian selatan.


Selain itu, potensi hujan dengan intensitas lebat ini juga disebabkan oleh gangguan gelombang atmosfer Rossby dan adanya konvergensi. Kondisi tersebut akan menyebabkan turunnya hujan lebat sepanjang hari di Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Bengkulu, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.


Berdasarkan paparan tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti puting beliung, hujan lebat disertai petir, hujan es, dan bentuk cuaca ekstrem lainnya.


Masyarakat juga diimbau agar waspada dengan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.


Berikut wilayah yang terdampak potensi cuaca ekstrem hingga Senin 27 Maret 2023 mendatang:


Kamis 23 Maret 2023 hingga Jumat 24 Maret 2023:

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Ambisi Calon Kepala Desa Yang Berlumur Dosa, Ada Raya Kohandi dan Dude Herlino, Sinopsis Ada

Pada periode tersebut, potensi cuaca ekstrem diprediksi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x