Laut Pesisir Barat Sumatra Bergejolak! Berikut Peringatan Gelombang Tinggi Perairan Indonesia 24 Maret 2023

- 24 Maret 2023, 07:10 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi /Pixabay/Schäferle
Ilustrasi gelombang tinggi /Pixabay/Schäferle /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia. Berdasarkan pemantauan, gelombang tinggi saat ini berada di kisaran 1,25 meter hingga 4 meter.

Pantauan BMKG, angin di wilayah Indonesia bagian utara cenderung bertiup dari timur laut ke timur, sedangkan di bagian selatan, angin dominan bergerak dari timur ke arah tenggara dengan kecepatan angin berkisar 3 - 15 knot atau sekitar 3 - 28 kilometer per jam.

Dari data tersebut, kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe - Talaud, dan perairan utara Papua Barat - Papua. Terkait daftar wilayah perairan Indonesia yang terpantau bergelombang tinggi, berikut datanya dari situs Maritim BMKG.

Baca Juga: Penutupan Tempat Wisata Hiburan Malam di Beberapa Kota di Indonesia Pada Bulan Ramadhan 2023

Perairan dengan Gelombang Sedang (1,25 – 2,5 Meter)

BMKG memantau gelombang berketinggian sedang di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Aceh, Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung.

Gelombang laut berketinggian hingga 2,5 meter turut terpantau di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, perairan selatan Bali hingga Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, dan perairan selatan Pulau Sumba.

Selain itu, gelombang dengan ketinggian minimum 1,25 meter ini juga terpantau di Laut Sawu bagian selatan, Samudra Hindia selatan Banten, Samudra Hindia selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur.

Gelombang sedang juga terpantau di perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua, dan perairan utara Papua Barat hingga Papua

Baca Juga: Kenali Penyebab Bau Mulut dan Cara Pencegahannya Menurut Ahli Gigi

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x