PDIP Sebut Terbuka Untuk Koalisi Pilpres 2024, Pengamat: Mesin Politik Bekerja Lambat Kalau Jalan Sendiri

- 24 Maret 2023, 14:41 WIB
Logo PDIP. PDIP Sebut Terbuka Untuk Koalisi Pilpres 2024, Pengamat: Mesin Politik Bekerja Lambat Kalau Jalan Sendiri
Logo PDIP. PDIP Sebut Terbuka Untuk Koalisi Pilpres 2024, Pengamat: Mesin Politik Bekerja Lambat Kalau Jalan Sendiri /Dok PDIP/

Berita KBB - PDIP disebut terbuka untuk menjalin koalisi dengan berbagai partai politik lainnya dalam pesta demokrasi 2024 nanti, terutama yang berkaitan dengan pengusungan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024.

Hal itu dikatakan politikus PDIP Andreas Hugo Pareira dalam Embargo Talk Episode 5 yang ditayangkan YouTube Vibrasi di DKI Jakarta, Kamis 23 Maret 2023 kemarin. Ia mengatakan, bagi yang ingin membahas jalinan koalisi untuk langsung berbincang dengan Megawati.

“Silakan kalau memang ada keinginan untuk pembicaraan-pembicaraan (terkait koalisi Pilpres 2024, red), bicara langsung dengan Ketua Umum (PDIP, red),” ujar Andreas dalam acara tersebut.

Baca Juga: Pengamat Sebut Duet Ganjar - Prabowo Realistis, Rasional dan Berpeluang Menang di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Meski demikian, menurut pengamat Pangi Syarwi Chaniago, PDIP tidak ingin menjadi partai yang ingin ikut dengan partai politik lainnya dalam menjalin koalisi. Pangi berpendapat, PDIP hanya akan menerima partai politik yang memang ingin berkoalisi dengan mereka.

“Yang ingin bergabung, itu yang diterima oleh PDIP karena partai itu partai yang besar, gengsi politik juga, muruah partai juga,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Adapun menurut pengamat politik dari Universitas Andalas Sumatera Barat Asrinaldi, jika PDIP berjalan sendiri tanpa melakukan koalisi, maka mesin politik PDIP akan kurang maksimal dan bekerja lambat pada helatan Pilpres 2024 nanti.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tanaman Tomat yang Keriting dan Mengkerut dengan Mudah

Asrinaldi mengatakan, jika partai berlogo moncong putih itu menjalin koalisi dengan partai lain, maka kinerja mesin politik partai itu akan menjadi jauh lebih mudah, baik saat Pilpres 2024 maupun Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x