Mencontoh Pulau Nipa, Megawati: Tenggelamnya Pulau Akibat Perubahan Iklim Ancam Batas Luar Wilayah Indonesia

- 25 Maret 2023, 06:00 WIB
Mencontoh Pulau Nipa, Megawati: Tenggelamnya Pulau Akibat Perubahan Iklim Ancam Batas Luar Wilayah Indonesia
Mencontoh Pulau Nipa, Megawati: Tenggelamnya Pulau Akibat Perubahan Iklim Ancam Batas Luar Wilayah Indonesia /
 

Berita KBB - Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarno Putri menyebut perubahan iklim mengancam keberadaan pulau-pulau di Indonesia.

Hal itu ia katakan saat puncak peringatan Hari Meteorologi Dunia (HMD) Tahun 2023 di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Senin 20 Maret 2023 lalu.

Menurut Megawati, apabila pulau-pulau itu tenggelam, maka batas terluar wilayah Indonesia akan turut terpengaruh. Ia mengambil contoh Pulau Nipa di Kepulauan Riau yang luasannya kian hari kian menyusut.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Calon Suami di Surga, Ada Dirly Dave, Sarah Samantha, dan Dude Harlino, Dilengkapi Sinopsis

"Contohnya Pulau Nipa yang mana memiliki arti yang sangat strategis bagi kedaulatan negara, karena letaknya yang cukup dekat dengan Singapura dan berada di jalur pelayaran internasional," ujarnya seperti dikutip rilis resmi BMKG yang diterima Sabtu 25 Maret 2023.

 

Lanjut Megawati, untuk mengatasi ancaman perubahan iklim tersebut, butuh gotong royong semua pihak dan elemen masyarakat. Masyarakat perlu sosialisasi dan edukasi tentang perubahan iklim, penyebab, dan juga dampak yang timbul.

 

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mewakili Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah pesan dari Jokowi terkait langkah strategis dalam mewujudkan pembangunan berketahanan iklim.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x