Ukraina Siapkan Serangan Balik Terhadap Rusia, Moskow Berikan Respons Mengancam

- 25 Maret 2023, 11:29 WIB
Ukraina Siapkan Serangan Balik Terhadap Rusia, Moskow Berikan Respons Mengancam
Ukraina Siapkan Serangan Balik Terhadap Rusia, Moskow Berikan Respons Mengancam /REUTERS/Stringer
 

Berita KBB - Rusia dikabarkan sedang bersiap menghadapi serangan balik Ukraina, setelah pihak Kyiv menganggap pasukan Moskow sudah kehabisan tenaga dan sumber daya. Hal itu dinyatakan oleh mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev.

“Mereka (Ukraina, red) sedang mempersiapkan serangan. Staf jenderal kami sedang memperhitungkan hal ini dan mempersiapkan solusinya sendiri,” ujar Medvedev kepada media Rusia, seperti dikutip The Guardian, Jumat 24 Maret 2023.

Ia juga memperingatkan bahwa jika Ukraina mencoba merebut kembali semenanjung Krimea yang dianeksasi Moskow pada 2014 lalu, Rusia siap menggunakan segala macam jenis senjata apapun untuk menghadapinya.

Baca Juga: Cuti Idul Fitri Dimajukan, Kabar Baik Bagi Pemudik Bisa Lebih Lama Di Kampung Halaman

Diketahui, serangan musim dingin Rusia semakin melambat sehingga para pasukan mengambil posisi bertahan di wilayah Ukraina. Hal ini membuat wacana dan ancaman Moskow menggunakan senjata nuklir kembali mencuat.


Mengenai serangan balik pasukan Ukraina itu, Presiden Rusia Vladimir Putin belum angkat bicara. Ia diketahui enggan berkomentar terkait perkembangan pasukannya di darat.


Sementara itu pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin memperingatkan bahwa Ukraina berencana mengepung pasukannya di Bakhmut dan menerobos ke Laut Hitam di wilayah Zaporizhzhia.


Dalam video wawancara yang diunggah ke akun media sosial pribadinya pada Kamis 23 Maret 2023, Prigozhin juga menyebut Ukraina memusatkan sebanyak lebih dari 80.000 tentara di sekeliling wilayah timur dari kota yang sebagiannya dikuasai Ukraina tersebut.


Pasukan Rusia yang dibantu oleh Wagner sendiri telah menerjunkan ribuan pasukan ke kancah peperangan dalam kurun waktu lebih dari 2 bulan, dalam upaya merebut Bakhmut dan wilayah sekitarnya.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV SCTV Abang Layang-Layang Gamonin Ayang, Salah Satunya Ada Hardi Fadhillah dan Josephine F

Di sisi lain, pihak Barat telah memperingatkan bahwa Bakhmut berada di ambang jatuh ke tangan Rusia. Meski begitu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyebut, pasukannya akan terus mempertahankan kota tersebut yang menjadi simbol perlawanan negerinya.


Dengan bantuan pasokan senjata modern dari barat, para komandan Ukraina telah mulai memperlihatkan peluang titik balik keadaan situasi di Bakhmut.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x