Awas Laut Jawa Berkecamuk! Berikut Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia, Jumat 31 Maret 2023

- 31 Maret 2023, 11:00 WIB
Awas Laut Jawa Berkecamuk! Berikut Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia, Jumat 31 Maret 2023
Awas Laut Jawa Berkecamuk! Berikut Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia, Jumat 31 Maret 2023 /
 

Berita KBB - Sejumlah wilayah perairan di Indonesia terpantau bergelombang tinggi hingga 4 meter pada Jumat 31 Maret 2023 hari ini. Hal ini berdasarkan peringatan gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia yang dikeluarkan BMKG pada pagi ini.

Menurut BMKG, angin di wilayah Indonesia utara cenderung bergerak dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan berkisar 5 - 37 km/jam, sedangkan di Indonesia bagian selatan cenderung bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan hingga 55 km/jam.

Wilayah perairan barat Kepulauan Mentawai - Lampung, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai - Lampung, Selat Sunda, perairan Selatan Banten, perairan selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah, Laut Jawa, dan Perairan Selatan Kalimantan mencatatkan kecepatan angin tertinggi.

Baca Juga: Tanpa Latar Belakang Militer, Deddy Corbuzier Diangkat jadi TNI Berpangkat Letkol Tituler, Berapa Gajinya?

Peningkatan tinggi gelombang di Samudra Hindia pada kategori tinggi juga secara tidak langsung dipengaruhi oleh adanya siklon tropis Herman 999 hPa. Berikut ini rincian wilayah perairan yang terdampak peringatan gelombang tinggi pada Jumat 31 Maret 2023. 


Perairan Gelombang Sedang (1,25 – 2,5 Meter)

 

Gelombang berketinggian sedang terpantau di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Simeulue - Pulau Nias, Samudra Hindia barat Aceh hingga Nias, lalu Samudra Hindia Bali hingga Nusa Tenggara Timur.


Gelombang dengan tinggi 1,25 - 2,5 meter ini turut terpantau di perairan selatan Bali - Lombok - Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumba, perairan Kupang - Nusa Tenggara Timur, dan Laut Sawu bagian selatan.


Selain itu, gelombang sedang ini juga terdeteksi di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian barat, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan dan tengah, perairan Kepulauan Talaud, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua, dan perairan Pulau Biak.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x