Siklon Tropis Herman Lewat, Indonesia Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Disertai Petir hingga 1 April

- 31 Maret 2023, 11:42 WIB
Tangkapan layar citra satelit yang dipublikasikan BMKG menunjukkan siklon tropis Herman terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Banten, Kamis (30/3/2023). (ANTARA/HO-BMKG)
Tangkapan layar citra satelit yang dipublikasikan BMKG menunjukkan siklon tropis Herman terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Banten, Kamis (30/3/2023). (ANTARA/HO-BMKG) /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hujan lebat di seluruh wilayah Indonesia, Kamis 30 Maret 2023.

Hingga Sabtu 1 April 2023, sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan mengalami gejala cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Menurut BMKG, cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini disebabkan oleh siklon tropis Herman yang terdeteksi di Samudera Hindia selatan Banten. Siklon ini bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan maksimum 55 knot atau 100 km/jam.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV SCTV Biarpun Mantan Kita ke Pelaminan,Salah Satunya Ada Antonio Blanco dan Zoe Abbas Jackson

Siklon tropis Herman ini terpantau membentuk daerah perlambatan kecepatan angin dari Samudera Hindia barat Bengkulu hingga selatan Jawa Barat. BMKG memprediksi intensitas siklon ini akan menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Selain siklon tropis Herman, sirkulasi siklonik juga terdeteksi di perairan utara Maluku Utara dan Laut Banda, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin sepanjang wilayah Laut Halmahera, Laut Banda dan Laut Flores.

Daerah perlambatan kecepatan angin lainnya terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera Utara hingga Sumatera Selatan, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, Laut Jawa, dari Laut Sulu hingga Laut Sulawesi, dari Laut Flores hingga Laut Maluku, dan Laut Arafuru.

BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan angin di pesisir barat Sumatra, pesisir selatan Jawa bagian barat dan di Maluku. Di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah perlambatan dan pertemuan angin itu, awan hujan berpotensi terbentuk dan tumbuh.

Berikut ini wilayah Indonesia yang terdampak potensi cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada periode Jumat 31 Maret hingga Sabtu 1 April 2023.

Wilayah yang Berpotensi Cuaca Ekstrem Jumat 31 Maret 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x