Pakar BRIN Sebut Siklon Tropis Herman Masih Nangkring di Selatan Jawa Barat, Kecepatan Gerak Hanya 15 Km/Jam

- 31 Maret 2023, 16:00 WIB
Berikut informasi terkini mengenai siklon tropis Herman yang terdeteksi masih berada di selatan Jawa Barat.
Berikut informasi terkini mengenai siklon tropis Herman yang terdeteksi masih berada di selatan Jawa Barat. /Ilustrasi/Pixabay/Schäferle2/

Berita KBB - Ahli klimatologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Erma Yulihastin menyebutkan siklon tropis Herman sempat nangkring di selatan Jawa Barat dan tidak bergeser ke arah timur seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Hal itu ia sampaikan dalam cuitannya di akun Twitter yang diunggah pada Kamis 30 Maret 2023 malam. Dalam unggahannya itu, ia menjelaskan bahwa mata badai siklon tropis itu mulai terlihat dan terbentuknya klaster awan MCC di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Update Siklon Herman: Mata badainya sudah mulai muncul dan menjauh tetap lokasinya di selatan Jabar, tidak jadi geser ke timur. Efek Herman menciptakan klaster awan MCC yang saat ini berada di atas Jabar-Jateng. Bersiap mengalami hujan dinihari untuk Jabodetabek dan Jateng, ya.” cuit Dr. Erma pada pukul 23.25 WIB.

Baca Juga: 3 Aktivitas yang Sayang untuk Dilewatkan ketika Berwisata ke Kota Malang, Nomor 3 Dijamin Tak Terlupakan

Pada utas yang dibuat dari unggahan tersebut, ia juga memantau turunnya hujan di sebagian Jakarta, Bekasi, Karawang, Subang, dan Indramayu. Sementara di Jawa Tengah, hujan turun di wilayah Brebes, Pekalongan, Pemalang, Pekalongan, dan Banyumas.

Cuitan Dr. Erma ini ramai direspons para netizen. Seorang netizen dari Cirebon, Jawa Barat bertanya apakah pada Jumat ini hujan masih akan mengguyur. Ia mengaku usaha takjil buka puasa Ramadhan 2023 miliknya terganggu akibat dampak siklon tropis Herman.

“Hari ini Cirebon hujan deras semenjak sore, disertai petir sangat kencang. Dan sampai sekarang jg msh hujan. Apakah bsok cuaca msh hujan bu? Krn kasian saya yg lg usaha minuman dingin menjelang buka puasa,” komentar akun @sosial_digital.

Sementara itu, 2 orang netizen membagikan video singkat yang memperlihatkan hujan badai yang terjadi di daerah Giwangan dan Bantul Yogyakarta pada Kamis sore kemarin. Dr. Erma pun mengonfirmasi bahwa badai tersebut dampak dari siklon tropis Herman.

Baca Juga: Siklon Tropis Herman: Awal Mula, Perkembangan, dan Dampak Seriusnya di Tanah Air

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x