Resmi Gelar SEA Games Ke-32 di Kamboja, Harapan Menpora: Indonesia Bawa 60 Lebih Emas agar Bisa Juara Umum 1

- 6 Mei 2023, 19:30 WIB
Indonesia dapat 4 mendali emas SEA Games 2023 Kamboja, ini daftar cabornya
Indonesia dapat 4 mendali emas SEA Games 2023 Kamboja, ini daftar cabornya /Instagram @kemenpora


BERITA KBB – SEA Games XXXII Kamboja 2023 sekarang sudah resmi digelar. Kamboja sukses menggelar upacara pembukaan SEA Games Ke-32, pada Jumat, 5 Mei 2023. Upacara pembukaan digelar dengan meriah di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.


SEA Games Ke-32 di di Kamboja dibuka secara resmi tersebut, kembali menjadi ajang untuk melihat sejauh mana posisi prestasi olahraga Indonesia di antara bangsa-bangsa kawasan Asia Tenggara.


Sempat adanya naik-turun peringkat, sulit untuk bisa menjadi juara umum lagi, kecuali saat menjadi tuan rumah. Posisi kontingen Indonesia pada SEA Games terakhir di Vietnam 2022 di peringkat umum ketiga. Indonesia kini lebih berani memasang target lebih tinggi.

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV dan Share Jumat 5 Mei 2023, Bidadari Surgamu SCTV Rebut Kembali Posisi Puncak!

Prestasi pada ajang tersebut sudah terbilang cukup bagus, mengingat dari beberapa SEA Games sebelumnya Indonesia sempat menduduki peringkat lebih rendah. Termasuk ketika Indonesia anjlok ke urutan kelima pada SEA Games 2015 dan 2017.


Menpora Dito Ariotejo mengungkapkan, Kontingen Indonesia ditargetkan bisa meraih setidaknya lebih dari 60 medali emas di Kamboja 2023 dan menempati peringkat umum pertama atau kedua.


Upaya untuk meraih target tersebut terbilang sulit. Salah satu faktor kesulitan itu adalah sejumlah cabang yang diharapkan menjadi pundi-pundi emas Indonesia justru tidak diadakan lomba atau tidak dipertandingkan pada SEA Games 2023 di Kamboja.


Sejumlah cabang yang tidak diperlombakan tersebut, seperti dayung, panahan, catur, boling, dan menembak. Tuan rumah Kamboja memanfaatkan semaksimal mungkin pada kesempatan menjadi tuan rumah SEA Games 2023.

Baca Juga: Resmi Jadi Pasangan Suami Istri, Begini Janji Yakub Hasibuan ke Jessica Mila!

Sang tuan rumah menggelar sejumlah cabang olahraga yang memang menjadi andalan mereka, maka dari itu perlu melakukan persiapan yang matang di berbagai cabang olahraga.


Saat menerima Kontingen Indonesia di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo menyampaikan hal serupa mengenai harapan Indonesia yang bisa menempati peringkat umum satu atau kedua. Jokowi meminta prestasi di Kamboja nanti setidaknya bisa lebih bagus dibandingkan dengan SEA Games di Vietnam tahun lalu.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x