Ada Siklon Tropis Mawar, Berikut Daftar Wilayah Indonesia yang Bakal Terdampak Cuaca Ekstrem Hingga 1 Juni

- 26 Mei 2023, 12:30 WIB
Ada Siklon Tropis Mawar, Berikut Daftar Wilayah Indonesia yang Bakal Terdampak Cuaca Ekstrem Hingga 1 Juni
Ada Siklon Tropis Mawar, Berikut Daftar Wilayah Indonesia yang Bakal Terdampak Cuaca Ekstrem Hingga 1 Juni /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya Siklon Tropis Mawar melewati wilayah Indonesia. Siklon tropis ini disebut dapat menimbulkan potensi cuaca ekstrem di sebagian Indonesia selama 7 hari ke depan.

Menurut informasi peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG Kamis 25 Juni 2023, Siklon Tropis Mawar terpantau berada di Samudra Pasifik timur Filipina. Siklon tropis ini bertekanan 905mb dan kecepatan angin 110 knot (203 km/jam) bergerak ke arah barat. 

Siklon Tropis Mawar ini memicu peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (46 km/jam) di Samudra Pasifik utara Halmahera hingga timur Filipina, dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Daftar Ftv Drama Sctv Jumat 26 Mei 2023 'Service Hati Anti Missqueen' Pukul 10.00 WIB

Tidak hanya itu, potensi cuaca ekstrem ini juga dipicu adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di barat daya Lampung, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin dari Jawa Barat hingga perairan barat Banten.


Daerah perlambatan angin lainnya memanjang di Aceh, dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Jambi hingga Kepulauan Riau, di Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dan di Sulawesi Tengah.


BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan angin di Laut Cina Selatan, Laut Natuna, dan di Samudra Pasifik timur Filipina.

.

Berdasarkan pantauan tersebut, dalam 7 hari ke depan, cuaca akan dominan berawan sepanjang hari dengan potensi hujan sedang hingga lebat terjadi pada siang dan malam di sebagian Sumatra, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian tengah, Maluku, dan Papua.


Selama periode tersebut, masyarakat diimbau mewaspadai gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung.


Bagaimanakah potensi cuaca ekstrem di Indonesia dampak dari Siklon Tropis Mawar ini selama 7 hari ke depan? Berikut daftar wilayah yang diprediksi terdampak pada Jumat 26 Mei 2023 hingga Kamis 1 Juni 2023.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x