1 Juni 2023 Hari Lahir Pancasila, Inilah Sejarah Lahirnya Dasar Negara Republik Indonesia yang Wajib Diketahui

- 26 Mei 2023, 22:59 WIB
Berikut sejarah lahirnya Pancasila, dasar negara Republik Indonesia yang wajib diketahui dalam rangka Hari Lahir Pancasila.
Berikut sejarah lahirnya Pancasila, dasar negara Republik Indonesia yang wajib diketahui dalam rangka Hari Lahir Pancasila. /Freepik/

 

Berita KBB - Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Dalam sejarah Indonesia menjelang kemerdekaan, pada tanggal ini Ir. Soekarno menggagas rumusan 5 asas dasar negara yang diberi nama Pancasila pada 1945 lalu.

 

Dengan kata lain, pada 1 Juni 1945 inilah kata “Pancasila” pertama kali diperkenalkan oleh sang proklamator. Berbagai usulan rumusan dasar negara dari berbagai tokoh pendiri negara ini digodok dan kemudiannya juga diberi nama Pancasila.

 

Hari Lahir Pancasila tahun ini akan jatuh pada Kamis 1 Juni 2023 pekan depan. Untuk dapat lebih dalam memperingati lahirnya dasar negara Republik Indonesia tersebut, berikut ini Berita KBB sajikan sejarah singkat lahirnya Pancasila sebagai dasar negara ini.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis FTV SCTV Bad Boy I Love You Ada Natasha Rizky dan Kiki Farrel Tayang Dini Hari

Dikutip situs resmi Pemkot Cimahi, sejarah lahirnya Pancasila dapat ditarik hingga pada bulan April 1945, di mana pemerintah pendudukan Jepang saat itu membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 April 1945.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x