Sejarah Hari Lahir Pancasila Pada 1 Juni 2023, Berkaitan Dengan Sidang Pertama BPUPKI

- 1 Juni 2023, 16:44 WIB
Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila di Balai Kota Bandung, Kamis 1 Juni 2023.
Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila di Balai Kota Bandung, Kamis 1 Juni 2023. /Diskominfo Kota Bandung

BERITA KBB- Pancasila adalah dasar negara dan ideologi resmi Indonesia. Hari Lahir Pancasila dirayakan setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Pada tanggal tersebut, umumnya diadakan berbagai kegiatan dan acara yang menyoroti pentingnya Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sejarah Hari Lahir Pancasila berawal dari peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 1 Juni 1945, dalam sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang diadakan di Gedung Jawa Hokokai di Jakarta, sebuah pidato penting disampaikan oleh Soekarno, salah satu pemimpin pergerakan nasional Indonesia.

Pidato tersebut, yang dikenal dengan "Pancasila sebagai Dasar Negara", menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang akan menjadi landasan bagi Indonesia yang merdeka. Soekarno memaparkan lima sila atau prinsip yang menjadi dasar negara Indonesia, yaitu:

Baca Juga: Profil dan Biodata RM, Leader BTS yang Diangkat Jadi Duta Humas Kementrian Pertahanan Nasional

Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengakui dan mempercayai adanya Tuhan yang Maha Esa.

Kemanusiaan yang adil dan beradab: Mengakui bahwa setiap manusia memiliki martabat dan hak-hak yang sama, serta berkomitmen untuk menciptakan masyarakat yang adil dan beradab.

Persatuan Indonesia: Mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, menjunjung tinggi semangat kebersamaan, dan menghormati keanekaragaman budaya.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan: Mengembangkan sistem pemerintahan yang demokratis, menghormati kebebasan berpendapat, serta memajukan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Baca Juga: Kapan Gaji 13 Cair? Berikut Jadwal, Komponen dan Besarannya untuk PNS, Pensiunan Serta Honorer

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x