Makna Hari Raya Waisak yang Jatuh Pada Juni 2023, Mengenang Tiga Peristiwa Penting Siddhartha Gautama

- 1 Juni 2023, 18:41 WIB
Sejumlah biksu saat mengikuti perjalanan ritual keagamaan (thudong)  di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/5/2023). Kegiatan  yang diikuti oleh 32 biksu dari sejumlah negara tersebut dalam rangka menyambut hari raya Waisak pada 4 Juni 2023  dengan tujuan perjalanan yaitu Candi Borobudur.
Sejumlah biksu saat mengikuti perjalanan ritual keagamaan (thudong) di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/5/2023). Kegiatan yang diikuti oleh 32 biksu dari sejumlah negara tersebut dalam rangka menyambut hari raya Waisak pada 4 Juni 2023 dengan tujuan perjalanan yaitu Candi Borobudur. /Antara/Fakhri Hermansyah/

BERITA KBB- Hari Raya Waisak, juga dikenal sebagai Vesak atau Buddha Purnima, adalah perayaan agama yang dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia. Hari raya ini mengenang tiga peristiwa penting dalam kehidupan Siddhartha Gautama, pendiri agama Buddha.

Pertama, Hari Raya Waisak mengenang kelahiran Siddhartha Gautama di Lumbini, Nepal, sekitar 2500 tahun yang lalu. Ia lahir sebagai seorang pangeran dan kemudian menjadi Buddha Gautama setelah mencapai pencerahan.

Kedua, perayaan ini mengenang pencerahan Siddhartha Gautama. Menurut tradisi, pada usia 35 tahun, Siddhartha mencapai pencerahan di bawah pohon Bodhi saat meditasi yang mendalam. Pencerahan ini membawa pemahaman yang mendalam tentang penyebab penderitaan manusia dan jalan menuju pembebasan dari penderitaan tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Bidadari Surgamu 1 Juni 2023, Denis Berhasil Mengembalikan Rumah Pak Haidar, Sofia Dipenjara

Ketiga, Hari Raya Waisak juga mengenang kematian Siddhartha Gautama. Setelah hidup sebagai seorang Buddha dan mengajarkan ajaran-ajarannya kepada pengikutnya selama beberapa dekade, Siddhartha Gautama meninggal dunia pada usia 80 tahun di Kushinagar, India.

Selama Hari Raya Waisak, umat Buddha melakukan berbagai kegiatan keagamaan. Di banyak tempat, umat Buddha berkumpul di kuil-kuil untuk berdoa, meditasi, dan mendengarkan ceramah tentang ajaran Buddha. Mereka juga melakukan upacara persembahan bunga dan air kepada patung-patung Buddha.

Selain itu, umat Buddha sering melakukan kegiatan amal seperti memberikan sumbangan makanan kepada yang membutuhkan.

Baca Juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila Pada 1 Juni 2023, Berkaitan Dengan Sidang Pertama BPUPKI

Hari Raya Waisak dianggap sebagai hari yang suci dan penting bagi umat Buddha karena mengenang peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan dan ajaran Siddhartha Gautama.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x