Tak Hanya Pulau Jawa, Potensi Tsunami 20 Meter Juga Ancam 10 Provinsi Lainnya di Indonesia

- 29 September 2020, 13:05 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /Pixabay.com

BERITA KBB – Isu mengenai potensi datangnya tsunami setinggi 20 meter ke pantai selatan Pulau Jawa terus bergulir. Hal itu setelah adanya riset dari ITB yang merilis kemungkinan datangnya ancaman tersebut beberapa waktu lalu.

Isu yang sama sebenarnya sudah muncul beberapa tahun lalu. Namun, belakangan ini kembali muncul dan mengundang perhatian banyak pihak.

Riset terbaru dari Kajian Nasional Bahaya Tsunami Indonesia bahkan mengungkapkan, potensi tsunami akibat gempa bumi besar tersebut tak hanya mengancam pantai selatan Pulau Jawa.

Baca Juga: Ternyata Ini 3 Alasan yang Menyebabkan Anda Gagal Menguasai Bahasa Inggris

Dikutip dari Galamedianews dalam artikel Heboh Tsunami Setinggi 20 meter, 10 Ibu Kota Provinsi di Indonesia Berpotensi Tersapu, ada 10 ibu kota provinsi di Indonesia yang berpotensi besar terkena Tsunami. Urutan dari probabilitas terbesar adalah Denpasar, Jayapura, Bengkulu, Ternate, Manado, Banda Aceh, Manokwari, Padang, Ambon dan Mataram.

Denpasar memiliki peluang mengalami tsunami besar atau di atas 3 meter sebanyak 1,4%. Tsunami ini berpeluang terulang lagi di Denpasar dengan rata-rata 71 tahun. Berikutnya Jayapura memiliki peluang terkena Tsunami besar sebanyak 1,27%. Tsunami besar berpeluang terulang di Jayapura setiap 79 tahun.

Sementara itu, Kota/Kabupaten yang berpeluang besar terkena Tsunami dengan tinggi di atas 3 meter adalah Lampung Barat. Probabilitas kejadian tsunami di kabupaten ini mencapai 7,3%. Berikutnya adalah Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat dengan probabilitas 6,9%

Baca Juga: Waduh! Polri tak Beri Izin Keramaian untuk Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2020

Sebagai informasi, Kajian Nasional Bahaya Tsunami untuk Indonesia merupakan penelitian bersama dari sejumlah peneliti dari berbagai lembaga, yakni Nick Horspool, Ignatius Ryan Pranantyo, Jonathan Griffin, Hamzah Latief, Danny Natawidjaja, Widjo Kongko, Athanasius Cipta, Bustamam, Suci Dewi Anugrah, dan Hong Kie Thio.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x