Update Terkini Jumlah Korban Banjir Bandang Sumbar, BNPB Laporkan Korban Jiwa dan Hilang Bertambah Rabu Ini

- 15 Mei 2024, 14:01 WIB
Kementerian PUPR turunkan alat berat untuk atasi banjir bandang lahar dingin di Sumbar
Kementerian PUPR turunkan alat berat untuk atasi banjir bandang lahar dingin di Sumbar /Karawangpost/Foto/Kementerian-PUPR

Berita KBB - Jumlah korban jiwa banjir bandang di Sumatera Barat (Sumbar) masih terus meningkat. Per Rabu 15 Mei 2024, jumlah korban jiwa bertambah 8 orang sehingga totalnya menjadi sebanyak 58 orang.

Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Fajar Setyawan menjelaskan, bertambahnya korban jiwa banjir bandang di Sumbar ini berdasarkan data yang dihimpun dari lima kabupaten dan kota terdampak.

"Ini berdasarkan data yang dilaporkan ke Pusat Pengendalian dan Operasi BNPB hari ini," kata Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, dikutip Berita KBB dari PMJ News Rabu 15 Mei 2024.

Sementara itu, jumlah korban hilang menurut data yang ada bertambah menjadi 35 orang, semuanya masih dalam pencarian. Selain itu, 33 orang luka-luka dan 1.543 keluarga terkena dampak.

Para korban dipastikan berasal dari lima kabupaten dan kota terdampak, yakni Kabupaten Agam, Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Padang, dan Padang Panjang.

Baca Juga: Banjir Bandang Sumbar: Jalur Alternatif Bukittinggi-Padang Disiapkan, Sejumlah Daerah Rawan Bencana Susulan

"Jumlah kemungkinan berubah lagi karena BNPB, beserta tim gabungan termasuk BPBD di Sumatera Barat masih melaksanakan pengkajian dan melangsungkan proses pencarian, evakuasi korban," kata Fajar.

Dirinya memastikan seluruh kebutuhan pokok dan bantuan segera disalurkan melalui jalur darat dan udara dengan helikopter, karena keselamatan korban bencana menjadi prioritas utama.

"Demi menunjang kelancaran operasi penanganan darurat dan rujukan laporan dari BMKG ada potensi hujan sedang-deras beberapa hari ke depan, maka hari ini kami mulai melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca," tutup Fajar.***

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah