Bansos Beras 10 Kilogram Jadi Diperpanjang Hingga Desember 2024 Atau Tidak? Begini Jawaban Presiden Jokowi

- 15 Mei 2024, 14:47 WIB
Presiden Joko Widodo saat pengecekan stok beras CBP di Gudang Bulog Klahang Sokaraja untuk KPM bansos beras 10 kg
Presiden Joko Widodo saat pengecekan stok beras CBP di Gudang Bulog Klahang Sokaraja untuk KPM bansos beras 10 kg /Portal Purwokerto/Setneg

Berita KBB - Pemerintah berencana memperpanjang bantuan sosial (Bansos) beras sebanyak 10 kilogram hingga Desember 2024.

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keputusan perpanjangan program bansos beras 10 kilogram tersebut akan mempertimbangkan situasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Jadi, (bansos beras) 10 kilogram akan diteruskan sampai Juni. Kita lihat kalau nanti APBN ada ruang anggarannya maka diteruskan sampai Desember, kita berdoa bersama ya," ujar Jokowi dalam kegiatan di Kabupaten Muna, dikutip pada Rabu 15 Mei 2024.

Jokowi mengatakan, inisiatif bansos beras 10 kilogram ini merupakan respons terhadap kenaikan harga beras akibat inflasi pangan global. Meski demikian, harga beras di dalam negeri tidak mengalami kenaikan signifikan.

"Karena harga pangan internasional semuanya juga naik dan kita ini termasuk masih rendah. Namun, ada yang naik tinggi sekali, ini patut kita syukuri bahwa kita naiknya tidak drastis," ujarnya.

Baca Juga: Hadapi Krisis Ekonomi dan Haram Sentuh Bansos, DPR Sebut Perlu Ada Bantuan Untuk ASN Golongan III ke Bawah

Jokowi menambahkan, menjaga harga beras di Indonesia tidaklah mudah. Hal ini harus mempertimbangkan kesejahteraan petani dan keterjangkauan terhadap konsumen.

"Kalau tinggi, masyarakat pasti gini (mengeluh). Tetapi petani senang karena harganya naik tinggi," tutupnya.***

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: BPMI Setpres


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah