Viral Fortuner Arogan Halangi Ambulans Diduga Bawa Pasien, Yuk Kenali Urutan Prioritas Kendaraan di Jalan Raya

- 18 Mei 2024, 00:00 WIB
Iring-iringan mobil ambulan yang dikerahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang untuk mengevakuasi korban kecelakaan rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok yang mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ciater Subang Sabtu 11 Mei 2024 malam.
Iring-iringan mobil ambulan yang dikerahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang untuk mengevakuasi korban kecelakaan rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok yang mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ciater Subang Sabtu 11 Mei 2024 malam. /Tangkapanlayar X @aksisubang/

Berita KBB - Video yang beredar di media sosial memperlihatkan aksi arogan seorang pengemudi Toyota Fortuner berwarna hitam menghalangi ambulans yang diduga melarikan pasien di kawasan Kota Depok.

Soal video viral pengemudi Fortuner arogan halangi ambulans tersebut, Kasatlantas Polres Metro Depok Multazam Lisendra mengatakan, kejadian bermula saat mobil SUV ladder frame tersebut memutar balik lalu menghalangi ambulans.

Multazam Lisendra pada Jumat 17 Mei 2024 mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki apakah ambulans tersebut benar membawa pasien. "Kita sedang melakukan penyelidikan untuk mengkonfirmasi apa betul membawa pasien yang sedang sakit," ujarnya, seperti dikutip Berita KBB dari PMJ News.

Di sisi lain, Multazam mengatakan pihaknya sudah mengantongi identitas supir Fortuner arogan yang halangi ambulans itu dengan mengecek data kepemilikan kendaraan dari Samsat setempat.

"Kita juga mengecek identitas pengendara atau pemilik kendaraan tersebut dan sudah kami kantongi identitasnya. Kami cek dari data Samsat Depok sudah ada inisialnya dan kita akan coba cek ke kediamannya," tambahnya.

Baca Juga: GR Supir Fortuner yang Ancam dan Rusak Brio Kuning di Jakarta Selatan Minta Maaf, Berikut Pengakuannya

Pihaknya akan menindak tegas pengemudi Fortuner arogan yang halangi ambulans tersebut, dengan tindakan penilangan  dan memeriksa STNK. "Kami akan memberikan tindakan berupa tilang atau kita cek juga keabsahan surat surat kendaraan tersebut," ucapnya.

Multazam dengan tegas menyatakan bahwa ambulans adalah kendaraan yang hak prioritasnya diatur dalam Pasal 134 UU LLAJ. "Pertama menghimbau dan mewajibkan pengguna jalan memprioritaskan kendaraan pemadam kebakaran lalu ambulans yang mengangkut orang sakit," tutupnya.***

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah