Menteri Terawan: Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Baru Tersedia 2022

- 15 Oktober 2020, 10:44 WIB
MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto.*
MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto.* / ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

BERITA KBB - Menteri Kesehatan Terawan Agus mengatakan vaksin Covid-19 buatan Indonesia (vaksin Merah Putih), diperkirakan baru tersedia pada 2022 mendatang.

Karena itu, agar program vaksinasi Covid-19 di dalam negeri bisa segera dilaksanakan, pemerintah akan membeli vaksin dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Inggris.  

“Sambil menunggu vaksin Merah Putih yang diperkirakan baru akan siap pada awal 2022, kita manfaatkan kerja sama dengan RRT dan Inggris,"kata Menteri Terawan dikutip dari keterangan persnya, Kamis, 15 Oktober 2020.

Baca Juga: Agenda PERSIB Hari Ini : Mengawali Latihan dengan Gym sebelum Uji Coba

Baca Juga: Jelang Munaslub PB PBSI November Mendatang : Begini Rencana Pengprov PBSI Jabar


:Karena vaksin ini perlu 2x suntik, maka kita perlu atur prioritas pemberian vaksin, kita prioritaskan dahulu pada Tenaga Kesehatan Garda Terdepan,” Terawan menambahkan.

Lebih lanjut, kata dia, pemerintah melalui Menteri Kesehatan bersama dengan Menko Maritim dan Investasi, Menteri Luar Negeri, dan Menteri BUMN, telah mendapatkan akses terhadap kandidat vaksin Sinovac (RRT), Sinopharm (RRT) dan Astra Zeneca (Inggris).

Selain mekanisme kerja sama bilateral, dalam mencari sumber-sumber vaksin, Pemerintah juga menggandeng organisasi/aliansi internasional, yaitu Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI).

Baca Juga: Glamour !! Positif Covid-19, Megabintang Cristiano Ronaldo, dibawa dengan jet pribadi

Baca Juga: Wajib Baca, Trend Cari Penghasilan lewat Acara Webinar Berbayar

Di Indonesia sendiri, para Peneliti Indonesia juga sedang mengembangkan Vaksin Merah Putih dengan menggunakan strain virus Indonesia.

Pemerintah menargetkan vaksin dari RRT dan Inggris dapat memenuhi cakupan minimal 70% populasi masyarakat Indonesia. Selain vaksin dari organisasi/aliansi internasional CEPI dan GAVI akan menjamin akses vaksin terhadap 20% populasi Indonesia, kesiapan vaksin Merah Putih yang diharapkan dapat mencakup 100% populasi Indonesia.***

Editor: Ganesha Gautama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x