Pemerintah Beli 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari Inggris

- 15 Oktober 2020, 10:52 WIB
Indonesia Amankan 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca Inggris.
Indonesia Amankan 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca Inggris. /Twitter/Kemlu_RI/

BERITA KBB - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan menandatangani Letter of Intent (LoI) antara Kemenkes RI dan perusahaan farmasi asal Inggris, Astra Zeneca, tentang Kerja Sama Pengadaan Vaksin Covid-19.

Indonesia menyatakan berminat membeli kandidat vaksin Covid-19 dari Astra Zeneca sebanyak 100 juta dosis pada tahun 2021.

Sekretaris Jenderal Kemenkes, drg. Oscar Primadi, MPH, menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia bersyukur dapat membuka hubungan yang konstruktif dengan AstraZeneca.'

Baca Juga: Hadapi MotoGP Aragon 2020, Valentino Rossi akui sulit menaklukannya

Baca Juga: Menteri Terawan: Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Baru Tersedia 2022

Hubungan tersebut terkait dengan rencana pembelian kandidat vaksin yang saat ini sedang dikembangkan oleh Oxford University dan AstraZeneca, sebagai salah satu kandidat vaksin Covid-19 WHO.

“Dengan penandatanganan LoI ini, Kementerian Kesehatan dan AstraZeneca berniat untuk menuntaskan perjanjian pembeliin dimuka pada akhir Oktober 2020 sehingga kami dapat memberikan akses vaksin Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata Oscar seperti dikutip dari keterangan pers, Kamis, 15 Oktober 2020.

Dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi memerlukan kehati-hatian dan penanganan yang betul-betul teliti terlebih perubahan virus juga harus selalu diamati.

Pemerintah dalam upaya pengadaan vaksin benar-benar mempertimbangkan faktor keamanan vaksin terutama dalam proses uji klinis vaksin.

Baca Juga: Jelang Munaslub PB PBSI November Mendatang : Begini Rencana Pengprov PBSI Jabar

Baca Juga: Wajib Baca, Trend Cari Penghasilan lewat Acara Webinar Berbayar

Segala upaya dilakukan untuk menghadapi Covid-19 karena obatnya memang belum ada. Memang vaksin bukanlah jalan keluar yang terbaik, tetapi upaya mendatangkan vaksin merupakan upaya terbaik Pemerintah untuk melindungi dan menyehatkan masyarakatnya.

Di sisi lain, Pemerintah juga aktif mengkampanyekan perilaku 3M guna memutus mata rantai penyebaran virus, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak. Selain perilaku 3M, masyarakat diminta juga sadar diri untuk menghindari keramaian, tetap olahraga 30 menit setiap hari, konsumsi gizi seimbang, dan mengelola stress.***

Editor: Ganesha Gautama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x