Tinggal Copas dan Bagikan, Ini 30 Contoh Ucapan Selamat Hari Santri Nasional 2020

- 22 Oktober 2020, 11:18 WIB
22 Oktober, Ketahui Asal Usul Lahirnya Hari Santri Nasional
22 Oktober, Ketahui Asal Usul Lahirnya Hari Santri Nasional /Pixabay/mufidpwt

BERITA KBB – Pemerintah menetapkan Hari Santri Nasional jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020 setiap tahunnya. Peresmian tersebut ditetapkan Presiden Jokowi pada 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Dikutip dari Wikipedia, latar belakang penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945.

Baca Juga: Tunggu Bursa Transfer Dibuka, Robert Sudah Kantongi Pemain Bidikannya

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.
Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI.

Dan berikut ini contoh ucapan, kata-kata mutiara, dan pantun terkait dengan Hari Santri Nasional yang bisa langsung Anda bagikan kepada orang-orang yang Anda cintai melalui media sosial, seperti dikutip dari Portal Kudus dalam artikel Kumpulan Kata-Kata Bijak Hari Santri Nasional 2020, Bisa Dibagikan Pada Keluarga dan Teman Dekat

Baca Juga: Soal UU Ciptaker, Pengamat Politik UIN Jakarta: Jubir Presiden Jangan Seperti Buzzer

1. Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020. Bersama Santri Indonesia mandiri, Bersama Santri damailah negeri.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Portal Kudus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x