Cetak 2 Gol ke Gawang Argentina Saat Piala Dunia 2022, Inilah Profil Wout Weghorst

- 25 Januari 2023, 11:59 WIB
Wout Weghorst, pemain asal Belanda, yang kini berada menjadi salah satu anak asuh Erik ten Hag di Manchester United.
Wout Weghorst, pemain asal Belanda, yang kini berada menjadi salah satu anak asuh Erik ten Hag di Manchester United. /Bernadett Szabo/REUTERS
 
 
BERITA KBB - Wout Weghorst merupakan pemain sepak bola kelahiran Belanda yang direkrut Manchester United dari Besiktas hingga akhir musim 2022-2023. 
 
Striker jangkung ini sebelumnya direkrut oleh Burnley pada Januari 2022, tapi langsung dipinjamkan ke Besiktas J.K dengan kontrak hingga Juni 2023.
 
Wout Weghorst digadang - gadang menggantikan posisi Cristiano Ronaldo yang hengkang dari MU menuju Al-Nassr. MU meminjamnya dari Besiktas seharga 3 juta euro sampai kontraknya di sana habis pada akhir musim. Lalu, MU akan memperbarui status pinjamannya dengan Burnley pada musim depan.
 
 
Striker yang tampil cemerlang pada Piala Dunia 2022 dengan mengemas lima gol pada 19 penampilan ini memiliki karier sepak bola yang patut disimak.
 
Berikut kami sajikan profil lengkap dan perjalanan karier Wout Weghorst. Simak di bawah ini, yuk!
 
Bernama lengkap Wout Francois Maria Weghorst, pemain sepak bola ini lahir di Borne, Belanda pada 7 Agustus 1992. 
 
Penyerang timnas Belanda bernomor punggung 19 yang berposisi sebagai target man ini memiliki ayah bernama Frans Weghorst dan ibu bernama Astrid Weghorst.
 
Sosok pesepak bola berpostur 197 cm ini sudah beberapa kali pindah klub sebelum akhirnya berlabuh ke klub setan merah. Simak perjalanan karier Weghorst selengkapnya di bawah ini, yuk!
 
Wout Weghorst memulai karier sepak bolanya bersama klub NEO Borne muda. Kemudian pada 2010, ia hijrah ke DETO FC, klub tanah kelahirannya juga.
 
Pada musim 2011-2012, Weghorst berpindah klub lagi ke Willem II. Namun, ia di sana tak banyak mendapatkan waktu bermain. Alhasil, satu musim berikutnya, yaitu musim 2012-2013 Weghorst pindah lagi ke FC Emmen.
 
Di sana, Weghorst bermain sebanyak 66 pertandingan dan berhasil mengemas 21 gol tanpa assist. 
 
Dua tahun setelahnya atau pada tahun 2014, ia hijrah lagi ke Heracles Almelo. Ia bermain dalam 73 laga dengan mencatatkan 24 gol dan 8 assist.
 
Pada tahun 2016, klub besar Belanda, AZ Alkmaar merekrut Weghorst untuk mengisi lini depan mereka. 
 
Hasilnya, selama dua musim, Weghorst berhasil mencetak 45 gol dan 13 assist dari 86 laga yang dijalaninya.
 
Pada Juli 2018, Weghorst kembali hijrah ke klub lain. Kali ini, ia mencoba peruntungan di Bundesliga dengan bergabung bersama VfL Wolfsburg. 
 
Di sana, Weghorst menjadi striker andalan dengan mengoleksi 70 gol dan 22 assist dari 144 pertandingan yang ia lakoni.
 
 
Entah alasan apa yang membuat Weghorst tidak betah berkarier di satu tim dalam waktu yang lama. Pada Januari 2022, Weghorst memilih hijrah dan berkarier di klub Liga Inggris, yaitu Burnley. 
 
Namun, belum banyak waktu bermain bersama Burnley, Weghorst dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas J.K. dengan kontrak hingga Juni 2023.
 
Belum selesai kontraknya bersama Besiktas, Manchester United sudah mengincar Weghorst untuk mengisi posisi di lini depan yang kosong sepeninggal Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr.
 
Alhasil, MU meminjam Weghorst seharga 3 juta euro dari Besiktas sampai kontraknya habis di sana. 
 
Setelah kontraknya habis, MU akan membuat kontrak pinjaman baru lagi bersama Burnley.
 
Sejak tahun 2014, Wout Weghorst mulai memperkuat timnas Belanda U21. Namun, saat itu namanya belum setenar sekarang. Ia hanya bermain satu kali dan mengemas satu gol.
 
Lalu pada tahun 2018, Weghorst bermain di timnas senior Belanda. MU mulai melirik Weghorst setelah melihat penampilannya bersama timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Weghorst sukses mencetak dua gol ke gawang Argentina pada Piala Dunia 2022.
 
Meski begitu, ia hanya mampu mencetak tiga gol dalam 18 pertandingan bersama timnas senior Belanda sejak tahun 2018 sampai dimulainya Piala Dunia 2022.
 
Demikian tadi profil Wout Weghorst, striker Belanda yang siap mengarungi Liga Inggris bersama Manchester United. 
 
Apakah Wout Weghorst akan menjadi mesin gol bagi Manchester United atau justru melempem dan lebih sering menjadi penghuni bangku cadangan? Mari kita nantikan penampilannya!.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x