Keren Eksotisme Gua Batu Cermin Destinasi Wisata Labuan Bajo yang Jokowi Anggap Perlu Diekspos Dalam KTT ASEAN

- 27 April 2023, 07:20 WIB
Presiden Joko Widodo menggendong cucunya La Lembah Manah saat meninjau lokasi wisata Goa Batu Cermin di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu 23 April 2023
Presiden Joko Widodo menggendong cucunya La Lembah Manah saat meninjau lokasi wisata Goa Batu Cermin di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu 23 April 2023 /Ist./Biro Pers Sekretariat Presiden
 

Berita KBB - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar semua tempat wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dipromosikan kepada para kepala negara dan kepala pemerintahan yang hadir pada KTT ASEAN ke-42 mendatang.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo dalam rangka meninjau kesiapan kawasan tersebut sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-42, Minggu 23 April 2023 kemarin.

“Presiden merasa perlu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada. Agar dapat mempromosikan keindahan Labuan Bajo secara langsung dan detail,” kata Bey, seperti dikutip Berita KBB dari laman resmi Presiden RI.

Baca Juga: Astrid Smeplass Gandeng Keisya Levronka Nyanyikan Lagu 'Darkest Hour' Rilis Besok!

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan keluarganya mengunjungi beberapa tempat wisata yang belum pernah dikunjunginya. Beberapa tempat wisata yang disambangi rombongan Presiden RI itu antara lain Gua Batu Cermin dan Batu Payung.


Dilansir laman Kemenparekraf RI, Gua Batu Cermin ini terletak di Desa Batu Cermin, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Labuan Bajo.


Gua yang disebut masyarakat setempat dengan sebutan Gua Watu Sermeng ini mendapatkan namanya dari pantulan sinar matahari yang mengenai batu-batu di gua layaknya cermin, sehingga menjadi sumber penerangan alami di dalam gua.


Menurut sejarahnya, Gua Batu Cermin awalnya berada di dasar laut.  Aktivitas seismik membuat gua tersebut naik ke daratan sehingga posisinya lebih tinggi dari permukaan laut. Hal ini diperkuat dengan adanya fosil batu karang dan penyu di bagian dalam gua.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Surat Maaf Untuk Starla' By Aldi Taher, Kasus Perselingkuhan Virgoun Mencuat

Daya tarik lainnya dari Gua Batu Cermin ini adalah adanya penampakan relief berwarna putih yang tampak mirip dengan sosok Bunda Maria pada salah satu dinding gua. Menurut masyarakat setempat, relief Bunda Maria itu terbentuk secara alami.


Selain mempromosikan destinasi wisata lokal, Jokowi mengharapkan agar para pelaku UMKM di Labuan Bajo dapat menawarkan cinderamata dengan kualitas yang baik dan menonjolkan ciri khas dari daerah tersebut pada gelaran KTT ASEAN ke-42 nanti.


“Presiden berharap para UMKM tersebut dapat menghadirkan souvenir dengan kualitas yang baik dan berciri khas daerah tersebut, sehingga para tamu dari negara-negara ASEAN nantinya akan tertarik untuk membeli produk UMKM tersebut,” pungkas Bey.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BPMI Setpres


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x