Belajar Wisata Halal Ke Taiwan ? Kenapa Tidak, Ini Kata LIPI

- 30 September 2020, 22:47 WIB
ILUSTRASI wisata halal.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI wisata halal.*/DOK. KABAR BANTEN /

 

BERITA KBB- Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rita Pawestri Setyaningsih mengatakan Indonesia masih perlu belajar lagi soal industri wisata halal terutama dari Malaysia, bahkan dari negara dengan minoritas muslim seperti Taiwan.

"Secara paralel pemangku kepentingan kita agar bisa berpartisipasi pada pembangunan wisata halal. Orang Malaysia misalnya banyak direkrut Taiwan untuk berbagi pengetahuan soal wisata halal kepada mereka," kata Rita dalam webinar Prospek Wisata Halal bagi Indonesia: Pengalaman dari Taiwan, Rabu (30/9/2020) seperti yang dilansir ANTARA.

Dia mengatakan para pemangku kepentingan di Indonesia sebaiknya dapat menyatukan visi untuk bisa mendorong pertumbuhan wisata halal sehingga peluang bisnis tidak justru direbut oleh negara lain, bahkan negara minoritas muslim.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Soap oleh Melanie Martinez yang lagi Hits di TikTok

Baca Juga: Umat Muslim Berduka, Emir Kuwait, Sheikh Sabah Al-Sabah Sang Diplomat Arab, Meninggal Dunia

Rita mencontohkan Taiwan secara nyata dalam beberapa tahun terakhir mampu membangun wisata halal yaitu sebuah industri di dunia pariwisata yang ramah terhadap muslim.

Menurut dia, Global Muslim Travel Index (GMTI) dari Crescent Rating-Mastercard merilis di antara 130 tujuan non-Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di seluruh dunia, rangking Taiwan sebagai tujuan tempat tujuan wisata ramah muslim melejit.

Pada 2015, Taiwan berada di urutan 10 dan menjadi peringkat tiga pada 2019 di bawah Inggris Raya dan Jepang. “Upaya yang dilakukan Taiwan ini, telah menunjukkan hasil yang signifikan," katanya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x