Potensi Kerja Sama Pendidikan dan Kebudayaan RI-AS Bisa Meningkat, Ini Penjelasannya.

- 24 Januari 2021, 23:12 WIB
Presiden Jokowi dan Joe Biden.
Presiden Jokowi dan Joe Biden. /instagram.com/@jokowi

BERITA KBB - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden AS terpilih Joe Biden dan Kamala Harris, Rabu 20 Januari 2021 waktu setempat  membawa angin segar bagi peningkatan relasi dengan Indonesia.

 Pendidikan dan kebudayaan menjadi dua sektor kerja sama yang disorot.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran yang juga menjabat Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC AS Prof Popy Rufaidah, PhD kerja sama dalam konteks pendidikan antara AS-Indonesia belum seprogresif sektor lain.

Baca Juga: Wagub Jabar Sidak Masker di Situ Gede Kota Tasikmalaya

Tercatat, ada beberapa kerja sama bidang pendidikan yang sudah dilakukan AS-Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Saat menjadi pembicara pada diskusi virtual " Satu Jam Berbincang Ilmu ” Dewan Profesor Unpad, Sabtu 23 Januari 2021, Popy memaparkan, kerja sama strategis pada bidang pendidikan terakhir kali dilakukan melalui program US-Indonesia Education Partnership pada 2011 silam.

Program ini merupakan ajang mempertemukan sekira 100 perguruan tinggi dari AS dan Indonesia. “Program ini menghasilkan banyak pemikiran dan buah kerja sama yang strategis. Sayangnya, dari 2011 hingga saat ini belum ada lagi program serupa,” kata Popy seperti yang dikutip dari laman www.unpad.ac.id.

Baca Juga: 25 Januari, Gempa Bumi M 6,2 Menyebabkan 1.000 Orang Tewas di Kolombia, Terjadi pada 1999

Pada bidang riset, AS-Indonesia pernah menjalin kerja sama pembentukan pusat riset kolaboratif (Center for Collaborative Research) melalui hibah USAID SHERA pada 2015-2020. Unpad menjadi satu dari lima PTN di Indonesia yang memperoleh hibah tersebut.

Guru Besar bidang ilmu manajemen pemasaran ini melanjutkan, Indonesia bisa melakukan inisiasi membuka peluang relasi baru pada bidang pendidikan dengan AS.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra

Sumber: Unpad.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x