Cara Menentukan Tujuan Dalam Belajar Bahasa Inggris Agar Lebih Efektif

- 30 September 2020, 10:05 WIB
Ilustrasi panahan.
Ilustrasi panahan. /Pixabay/Giovanna Orlando/

BERITA KBB – Sama seperti berkendara, belajar bahasa Inggris juga membutuhkan tujuan yang jelas agar lebih fokus dan terarah.

Tanpa tujuan, Anda hanya akan membuang-buang energi, waktu, dan biaya tanpa mendapatkan hasil yang diinginkan. Tanpa tujuan pula, Anda tidak akan merasa perkembangan yang cukup berarti meski sudah banyak belajar.

Dengan tujuan yang jelas, Anda bisa mengukur sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris Anda. Kemudian, buat tujuan berikutnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Berikut ini cara menentukan tujuan belajar bahasa Inggris agar lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Ternyata Ini 3 Alasan yang Menyebabkan Anda Gagal Menguasai Bahasa Inggris

1. Specific (Spesifik)

 Target yang spesifik akan membuat belajar bahasa Inggris Anda lebih fokus dan terarah. Target yang ditentukan dengan spesifik juga lebih besar kemungkinannnya untuk tercapai dibandingkan dengan target yang terlalu luas.

 Jika Anda masih bingung menentukan tujuan ataupun target yang spesifik, mulailah dengan mengetahui kelemahan Anda dalam bahasa Inggris. Dari kelemahan tersebut, Anda bisa menentukan bagian mana yang harus dipelajari lebih dalam untuk kemudian dijadikan target Anda.

 Misalnya, Anda memiliki kelemahan dalam menggunakan tenses dan Anda ingin segera memperbaikinya. Namun, itu pun masih terlalu luas, sebab ada 12-16 tenses dalam bahasa Inggris. Anda harus menentukan lebih spesifik lagi, tenses mana yang harus segera dipelajari.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x