Pentingnya Belajar 'Pronunciation' Dalam Bahasa Inggris, Ini Alasannya

- 1 Oktober 2020, 10:10 WIB
Ilustrasi belajar Bahasa Inggris mandiri di ponsel android di rumah.
Ilustrasi belajar Bahasa Inggris mandiri di ponsel android di rumah. /Foto: Pixabay/Geralt/

BERITA KBB - Jika bahasa Arab memiliki makhraj atau tempat keluarnya huruf, bahasa Inggris memiliki sounds of English. Artinya, bahasa ini memiliki cara pengucapan tertentu untuk setiap kata yang tentunya harus dipelajari.

Setidaknya, ada dua alasan kenapa kita harus belajar pronunciation sejak awal. Berikut ini kedua alasan tersebut.

  1. Bahasa Inggris Bukan Bahasa Fonetik

Jika dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab setiap kata diucapkan sebagaimana tulisannya, tidak demikian halnya dalam bahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris bukanlah bahasa fonetik. Artinya, pengucapan setiap kata tidak selalu sesuai dengan tulisannya.

Baca Juga: Cara Menentukan Tujuan Dalam Belajar Bahasa Inggris Agar Lebih Efektif

Contoh sederhana misalnya kata one yang dibaca wan. Coba Anda pikirkan, dari mana bunyi w pada kata tersebut? Tidak ada yang bisa menjelaskan karena itu sudah dari sananya seperti itu. Dalam istilah linguistik, hal ini disebut arbitrary (arbitrer) atau bersifat manasuka.

Contoh lainnya misalnya kata knife yang dibaca nayf. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa k nya tidak dibaca? Hal itu juga tidak ada yang bisa menjelaskan karena memang cara pengucapannya seperti itu.

Dari contoh-contoh tersebut, bisa disimpulkan bahwa untuk mengetahui pengucapan yang benar dalam bahasa Inggris, kita tidak bisa membaca setiap huruf yang ada dalam tulisan dari kata-kata tersebut. Namun, kita harus mengetahui cara pengucapan yang benar seperti penutur aslinya (native speaker).

Baca Juga: Ternyata Ini 3 Alasan yang Menyebabkan Anda Gagal Menguasai Bahasa Inggris

  1. Salah Ucap, Salah Makna

Seperti halnya dalam bahasa-bahasa lain, salah mengucapkan kata dalam bahasa Inggris bisa menimbulkan makna yang berbeda. Contoh yang paling umum, yaitu kata bitch dan beach yang maknanya jauh berbeda. Contoh lainnya, misalnya kata love, live, dan laugh. Jika tidak mengetahui pengucapan yang benar, mungkin saja ketiga kata tersebut tertukar.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x