4 Cara Jitu Melatih Pengucapan Bahasa Inggris Agar Lebih Fasih

- 3 Oktober 2020, 10:05 WIB
Cinta Laura.
Cinta Laura. /Instagram/@claurakiehl

BERITA KBB - Pengucapan atau pronunciation dalam bahasa Inggris penting untuk dipelajari dan dikuasai sejak pertama kali Anda belajar bahasa ini. Sebab, kesalahan dalam mengucapkan kata-kata bisa menyebabkan kesalahpahaman.

Bagus atau tidaknya pronunciation Anda sangat bergantung pada kemampuan listening Anda. Jika Anda bisa mendengarkan atau menyimak dengan baik, pengucapan Anda juga akan baik.

Berbeda denga belajar bahasa Inggris secara keseluruhan, belajar pronunciation lebih mudah. Sebab, hanya dua hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu bunyi (sound) dan rhythm (irama). Ucapkan bunyi-bunyi dalam setiap kata dengan jelas, dan ikuti iramanya dalam setiap kalimat, sehingga Anda terdengar lebih natural.

Baca Juga: Jungkook BTS Berani Ucapkan Kata Kasar di Lagu 'Savage Love', ARMY: 'Itu Menawan'

Dengan demikian, hal yang harus kita lakukan agar bisa mengusai pengucapan bahasa Inggris dengan baik adalah dengan banyak mendengarkan native speaker berbicara. Lalu, kita tiru cara mereka mengucapkan kata-kata tersebut. Ya, sesederhana itu.

Berikut ini latihan-latihan yang bisa Anda lakukan duntuk melatih pronunciation.

  1. Tentukan Aksen Apa yang Ingin Anda Praktikkan

Anda bisa memilih menggunakan aksen Amerika, British, atau Australia bergantung pada selera Anda. Yang penting, pastikan aksen tersebut adalah aksen native speaker, bukan nonnative speaker, seperti aksen India, Bangladesh, Jepang, atau Negara-negara Eropa yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris.

Setelah menentukan aksen yang ingin Anda praktekkan, carilah audio atau video orang-orang yang berbicara dengan aksen tersebut. Anda bisa mencarinya di Youtube ataupun Google dengan kata kunci “American pronunciation”, “American accent”, atau “British pronunciation/British accent”.

Baca Juga: BTS Rilis Lagu Savage Love Versi Remix, Ini Lirik dan Terjemahannya

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x