Hati-Hati! Hindari Kecerobohan Ini Saat Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris

- 4 Oktober 2020, 22:24 WIB
ILUSTRASI wawancara kerja.*
ILUSTRASI wawancara kerja.* /Pexels

BERITA KBB - Dalam sebuah kesempatan wawancara kerja di salah satu perusahaan, seorang pewawancara tengah mewawancarai seorang pelamar kerja dalam bahasa Inggris.

Pewawancara itu meminta pelamar kerja untuk menceritakan dirinya dalam bahasa Inggris. Kurang lebih pertanyaannya adalah “Tell me about yourself!”

Mendengar pertanyaan diajukan dalam bahasa Inggris, si pelamar kerja yang kemampuan bahasa Inggrisnya kurang baik merasa bingung untuk menjawabnya.

Baca Juga: Lagi, Foto KTP Cantik Viral di Medsos, Mirip Ariel Tatum!

Dia pun menatap si pewawancara kerja yang berpenampilan layaknya orang Indonesia pada umumnya; kulit sawo matang dan aksen berbicara tidak seperti orang bule.

Lantas si pelamar kerja ini berinisiatif untuk menawarkan pertimbangan kepada pewawancara kerja itu.

“Pak, boleh gak kira-kira kalau wawancaranya dalam bahasa Indonesia saja?”

Mendengar ini, si pewawancara kerja langsung menjawab, “Tentu saja boleh.”

Baca Juga: Begini Efek Ditundanya Lanjutan Liga 1 menjadi November Mendatang bagi Pemain

Lalu, wawancara pun berlanjut dalam bahasa Indonesia. Namun, wawancara tersebut tidak berlangsung lama. Beberapa saat kemudian, si pewawancara mengakhiri sesi wawancara kerja.

Si pelamar kerja pun meninggalkan ruangan perusahaan dan tidak pernah kembali. Perusahaan tersebut menolak si pelamar kerja itu!

Cerita itu adalah kisah nyata yang terjadi di salah satu perusahaan. Kisah yang menunjukkan betapa cerobohnya seorang pelamar kerja yang memilliki kemampuan bahasa Inggris yang kurang baik.

Baca Juga: Ini Rutinitas BTS Sehari-Hari dan Sebelum Konser, Jawaban Jungkook Paling Wow!

Mari kita telaah sejenak contoh tersebut. Mungkin ini bisa membantu Anda mengantisipasi kecerobohan seperti kisah tadi.

1, Ketika pewawancara menyapa dan berbicara dengan bahasa Inggris, itu merupakan indikasi bahwa kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris memang penting di pekerjaan yang anda lamar.

2. Ketika lowongan pekerjaan yang Anda lamar ditulis dalam bahasa Inggris, itu juga merupakan tanda yang jelas bahwa kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris penting dalam pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Warga Desa Batulayang, Kecamatan Cililin Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah

3. Jika dalam lowongan tercantum kalimat seperti, “Good/excellent command in English”, “Able to communicate in English fluently”, “Minimum TOEFL/TOIEC score…”, itu merupakan penanda yang jelas bahwa kemampuan bahasa Inggris adalah syarat mutlak untuk melamar ke pekerjaan tersebut.

Artinya, jika Anda menemukan berbagai persyaratan tersebut dalam lamaran kerja, pada tahap wawancara nanti akan ada kemungkinan Anda diwawancarai dalam bahasa Inggris. Dan, Anda juga harus menjawabnya dalam bahasa Inggris.

Jadi, tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda untuk menambah nilai positif Anda ketika melamar suatu pekerjaan. Jangan sampai kisah di atas terjadi pada Anda!***

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x