Wow, Ekstrak Kulit Buah Manggis Berpotensi Sebagai Anti Covid-19?

- 15 Oktober 2020, 07:58 WIB
/

BERITA KBB - Mahasiswa Universitas Padjadjaran melakukan studi awal dan menemukan bahwa senyawa turunan alfa mangostin memiliki potensi aktivitas terhadap virus SARS-CoV-2, atau virus penyebab Covid-19.

Seperti yang di kutip dari laman www.unpad.ac.id, senyawa alfa mangostin yang diperoleh dari kulit buah manggis itu memiliki khasiat sebagai anti-peradangan dan antioksidan. Dan, senyawa ini ternyata berpotensi sebagai anti-Covid-19. 

Studi yang dilakukan Syahrul Hidayat (Farmasi), Namira Assyfa Nuazizah (Pendidikan Dokter), dan Kelvin Fernando Pratama (Farmasi) ini didasarkan atas penelitian tentang beberapa senyawa yang memiliki potensi berinteraksi dengan virus SARS-CoV-2. Sumber senyawa tersebut berasal dari bahan alam.

Baca Juga: Sinopsis Bawang Putih Berkulit Merah, Kamis 15 Oktober 2020 Eps 182 Bayu Curigai Seseorang

Senyawa bahan alam ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya toksisitasnya yang rendah serta risiko terjadinya efek samping lebih sedikit jika dibandingkan dengan bahan kimia yang dibuat di pabrikan.

“Selain itu, sampai saat ini pengelolaan Covid-19 masih seputar mengobati gejala karena belum ada obat atau vaksin yang secara definitif mampu mengatasi Covid-19 itu sendiri. Karena itu, ini menjadi peluang menemukan senyawa baru yang lebih baik,” ujar Syahrul.

Salah satu senyawa sumber alam yang dilirik Syahrul dan teman-temannya adalah alfa mangostin. Ini didasarkan atas penelitian lain yang menunjukkan bahwa senyawa hasil isolasi kulit buah manggis ini memiliki aktivitas antivirus yang mirip dengan Nelfinavir, atau obat anti-HIV yang digunakan sebagai salah satu pengobatan gejala Covid-19.

Baca Juga: Keren, Gamers Bisa Bermain Sambil Mempelajari Budaya dan Sejarah Indonesia

Aktivitas nelfinavir pada SARS-CoV-2 berperan menghambat pertumbuhan virus.

“Kita punya ide kalau aktivitasnya sama maka senyawa alfa mangostin pun memiliki aktivitas yang sama terhadap virus SARS-CoV-2,” paparnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra

Sumber: Unpad.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x