Milad ke-16 FK Unisba Resmikan Septic Tank Komunal, Bantu Warga Tamansari Menuju Hidup Sehat

- 21 Oktober 2020, 20:56 WIB
Penyerahan secara simbolis bantuan Septic Tank Komunal oleh FK Unisba, ke Lurah Tamansari dan Camat Bandung Wetan
Penyerahan secara simbolis bantuan Septic Tank Komunal oleh FK Unisba, ke Lurah Tamansari dan Camat Bandung Wetan /Unisba

BERITA KBB – Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FK Unisba menggandeng masyarakat Tamansari dalam program percepatan Open Defecation Free (ODF), meresmikan pembangunan septic tank komunal di Kelurahan Tamansari Wetan, Rabu 21 Oktober 2020.

Program Dibawah pimpinan Dekan Prof. Dr. Nanan Sekarwana, dr., SpA(K)., MARS, FK Unisba itu, dilaksanakan dalam rangka Milad ke-16 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Bandung (Unisba). 

Ketua tim PKM, Dr. Yani Triyani, dr., SpPK., M.Kes. mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian FK Unisba untuk warga yang bermukim di wilayah sekitar kampus Unisba.

Baca Juga: Artis Cantik Dianda Sabrina Merasa Sedih dan Kehilangan Rekan Syuting Saat Renald Ramadhan Ditangkap

Beliau menuturkan, Kelurahan Tamansari merupakan lingkungan sangat padat yang 89% penduduknya belum memiliki septic tank sebagai sarana sanitasi dasar yang memadai atau dikenal dengan istilah Open Defecation.

Meskipun tingkat kesadaran masyarakat cukup tinggi, namun padatnya jumlah penduduk yang tinggal di wilayah tersebut membuat masyarakat kesulitan untuk membuat septic tank pribadi.

Yani mengatakan bahwa Kelurahan Tamansari adalah wilayah yang sangat padat penduduknya sehingga rata-rata dalam setiap rumah tidak memiliki septic tank pribadi. Hal ini ternyata menyebabkan beberapa warga menyalurkan pembuangan untuk kebutuhan buang air besar langsung ke sungai dan hal tersebut berdampak pada tercemarnya lingkungan dan menurunya tingkat kesehatan masyarakat. 

Unisba

Baca Juga: Innalillahi, Pimpinan Pondok Pesantren Gontor KH. Abdullah Meninggal Dunia Hari Ini

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x