New Axia 2023 Mobil Keluaran Terbaru Perodua, Intip Harga dan Spesifikasinya di Sini

- 1 Februari 2023, 11:44 WIB
Daftar Skuad Merah Putih dan Jadwal Pertandingan Thailand Masters 1 Februari 2023
Daftar Skuad Merah Putih dan Jadwal Pertandingan Thailand Masters 1 Februari 2023 /Foto: Toyota/
 


BERITA KBB - New Axia 2023 mobil kembaran Agya-Ayla yang kini tengah menjadi sorotan publik dengan desain terbarunya.

Diketahui Perusahaan mobil asal Malaysia tersebut, Perodua secara resmi merilis teaser All New Axia pada Selasa 31 Januari 2023, melalui akun Youtube resmi Perodua.

"Tampilan gaya baru, fitur keselamatan yang disempurnakan, teknologi canggih, dan lebih banyak ruang daripada sebelumnya," demikian tulis Perodua dalam keterangannya.
 
Baca Juga: Daftar Pemain FTV Kecolok Cinta Tukang Cilok, Ada Hardi Fadhillah dan Nadya Arina, Tayang 30 Januari 2023

Oleh karena itu, Axia generasi kedua akan didesain ulang dalam waktu dekat.

Pada hari Selasa, Autobuzz melaporkan bahwa Perodua Axia baru kabarnya tidak akan dilengkapi dengan mesin turbocharged, meskipun hanya sedikit detail yang diketahui.

Sebagai gantinya, hatchback ultra-kompak ini kemungkinan akan menggunakan mesin 1KR-VE 1.0L tiga silinder VVT-i yang sudah ada, yang menghasilkan output gabungan 67 hp dan torsi 91 Nm.

D-CVT adalah kombinasi powertrain yang menjadi standar pada model Perodua Axia G, X, SE dan AV.

CVT dual-mode dikatakan berkontribusi pada pengurangan konsumsi bahan bakar dan peningkatan performa kendaraan secara keseluruhan.

Pertama, Perodua mengklaim bahwa Axia baru memiliki tingkat konsumsi bahan bakar gabungan 25,3 km/l (3,95 l/100 km), yang meningkat menjadi 27,4 km/l (3,65 l/100 km) pada model 'Eco Idle'.

Fungsi start-stop juga diaktifkan pada dua model teratas.

Dua model SE dan AV teratas juga akan menampilkan Power Mode Drive, yang memperketat respons mesin dan gearbox untuk pengendaraan yang lebih menarik.

Axia baru dikabarkan akan menampilkan lampu depan LED dan DRL (daytime running lights) pada lis berbentuk T di sudut-sudut bumper depan.

Kaca spion samping dapat disesuaikan secara elektronik pada semua model, tetapi hanya dua model kelas atas yang memiliki fungsi pelipatan otomatis dan lampu sein LED.

Selain itu, fungsi 'entri tanpa kunci' diperkirakan hanya akan tersedia pada model varian AV teratas.

Di sisi interior, varian AV Perodua Axia 2023 yang serba baru akan dilengkapi dengan kluster instrumen digital TFT tujuh inci dengan pembacaan speedometer digital, mirip dengan yang diperkenalkan pada Ativa dan Alza.

Ini akan dipasangkan dengan sistem infotainment Display Audio layar sentuh sembilan inci di dasbor (mudah-mudahan dengan Apple CarPlay dan Android Auto seperti Alza), tetapi semua varian lainnya harus puas dengan head-unit non-layar sentuh standar.
 
Baca Juga: Perkiraan cuaca Hari Ini di 34 Ibukota Provinsi se-Indonesia: Bandung Hujan Ringan, Palu Hujan Gledek

Varian AV teratas juga menonjol dengan jok semi-kulit dua warna pada joknya, berbeda dengan bahan kain pada varian lainnya, tetapi varian SE dan AV akan mendapatkan jok "tipe semi-bucket" dengan sandaran kepala yang dapat dilepas.

Dalam hal keselamatan, Perodua Axia juga akan hadir dengan kit yang ditingkatkan secara signifikan dibandingkan model sebelumnya.

Pada varian AV disematkan enam airbag, ABS, kontrol traksi, dan sistem kontrol stabilitas kendaraan semuanya standar di seluruh lini.

Pertama kali diperkenalkan Axia pada 2019, Perodua Smart Drive Assist juga akan disertakan, mungkin juga eksklusif untuk varian teratas.

Sistem ini mencakup fitur-fitur seperti pengereman darurat otonom dan Kontrol Kesalahan Operasi Pedal, serta "Driving Assist" dengan kemampuan mengemudi otonom Level 2.

Sementara itu,Perodua Axia 2023 dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Setelah memulai debutnya di Malaysia, kemungkinan akan dijual sebagai Daihatsu Ayla dan Toyota Agya di pasar lain seperti Indonesia.

Estimasi harga Perodua Axia 2023 yang serba baru adalah dari RM38,600 atau sekitar Rp136 jutaan untuk varian G, RM40,000 atau sekitar Rp141 juta untuk X, RM44,000 atau Rp155 juta untuk SE, dan RM49,500 atau Rp174 juta untuk varian AV tertinggi.

Lima warna eksterior akan ditawarkan pada model baru – Granite Grey, Lava Red, Glittering Silver, Ivory White, dan warna baru Coral Blue.

Perodua Axia yang baru kabarnya akan diluncurkan pada pertengahan Februari 2023.***
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x