Tips dan Trik Cara Mengatasi Bunyi Gredek Pada CVT Motor Matic, Simpel dan Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

- 18 Maret 2023, 23:57 WIB
Berikut tips dan trik cara mengatasi bunyi gredek pada CVT motor matic yang simpel dan bisa dilakukan sendiri di rumah.
Berikut tips dan trik cara mengatasi bunyi gredek pada CVT motor matic yang simpel dan bisa dilakukan sendiri di rumah. /Pikiran Rakyat/ Alza Ahdira/

Berita KBB - Apakah Anda pernah mendengar bunyi yang kasar dari bagian Continuously Variable Transmission (CVT) motor matic Anda saat memutar gas secara tiba-tiba?

Suara itu dikenal sebagai bunyi “gredek” yang terdengar seperti bunyi kampas ganda yang tidak pas. Hal terasa mengganggu bagi sebagian pengendara motor matic karena merasa ada yang tidak beres dengan mesin.

Dilansir dari berbagai sumber, ada 4 kemungkinan penyebab timbulnya bunyi gredek tersebut.

Baca Juga: Dibilang Sepi Job Oleh Netizen, Agnez Mo Beri Jawaban 'Smart' Melaney Ricardo Beri Pujian!

Kemungkinan tersebut antara lain adanya kotoran pada CVT, karet penahan kampas ganda sudah mengeras, gemuk puli mengalami kebocoran, mengeras atau menipis, dan kerusakan pada roller CVT serta vanbelt yang mulai aus.

Kotoran CVT dapat muncul dari luar atau karena adanya gangguan pada kampas ganda. Karet yang keras tidak menyangga kampas ganda dengan baik sehingga kerap berbenturan dengan mangkok kopling, sedangkan masalah gemuk bikin kampas ganda mudah goyang.

Untuk mengatasi bunyi gredek, hal yang dapat dilakukan pertama kali adalah memeriksa kebersihan CVT terutama mangkok kopling dan vanbelt serta rollernya.

Baca Juga: 13 Link Twibbon Menyambut Ramadhan 2023, Bulan Yang Penuh Berkah dan Pahala

Apabila terdapat kotoran pada kampas ganda, maka tinggal dibersihkan dengan cara mengamplas bagian yang kotor. Selain itu cek bagian dalam mangkok ganda, apakah permukaannya sudah bergelombang atau tidak.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x