Alhamdulillah, BOR di Kota Bandung Mulai Turun ke Angka 91 Persen

- 8 Juli 2021, 23:28 WIB
Salah seorang penyandang disabilitas saat menerima vaksin pada penyelenggaraan vaksinasi  untuk disabilitas di Kota Bandung di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna, Kota Bandung, Kamis 8 Juli 2021.
Salah seorang penyandang disabilitas saat menerima vaksin pada penyelenggaraan vaksinasi untuk disabilitas di Kota Bandung di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna, Kota Bandung, Kamis 8 Juli 2021. /Portal Bandung Timur/hp.siswanti/
BERITA KBB - Angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Bandung mulai menurun. Hal ini berkat penambahan kapasitas tempat tidur di sejumlah rumah sakit.
 
Termasuk hadirnya 132 tempat isolasi mandiri di hampir seluruh kecamatan di Kota Bandung.
 
Menurut Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Cucu Irawan, BOR Kota Bandung turun ke angka 91 persen. Sebelumnya BOR sempat menyentuh angka 94 persen.
 
 
Kendati menurun, saat ini Kota Bandung masih dalam status darurat. Karena berdasarkan standar WHO, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit yaitu 60 persen.
 
"Meskipun turun, kondisi ini masih belum seperti yang kita harapkan. Kita masih dalam status darurat," katanya pada Bandung Menjawab secara virtual, Kamis, 8 Juli 2021.
 
"Oleh karena itu kita terus berkolaborasi dengan semua pihak agar tidak terjadi penumpukan di RS rujukan,” imbuhnya.
 
 
Cucu mengungkapkan, salah satu solusi atau langkah dalam menurunkan BOR adalah memperbaiki dan memaksimalkan proses yang ada di hulu. Yaitu memilah dan mengategorikan pasien Covid-19 berdasarkan gejala yang dialami.
 
Karena jika semua pasien Covid-19 masuk ke RS, maka penambahan atau konversi tempat tidur tidak akan cukup.
 
Cucu mengungkapkan, masyarakat harus mulai memahami bahwa setiap pasien yang terpapar virus Covid-19 tidak harus masuk ke RS rujukan. Jika bergejala ringan bisa dengan isolasi mandiri atau berkoordinasi dengan puskesmas dan aparat setempat
 
 
Nantinya, puskesmas atau aparat kewilayahan akan mengarahkan ke tempat tempat isolasi atau Rumah Singgah di dekat tempat tinggalnya.
 
“Kita terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak hotel, kewilayahan dan lainnya untuk dapat menyiapkan tempat tempat atau rumah singgah isolasi di masing masing wilayah. Ini sebagai solusi juga dalam mengurangi BOR di RS rujukan,” ungkap Cucu.
 
Cucu memaparkan, jika menggunakan perhitungan standar WHO, 1 tempat tidur itu untuk 1.000 orang. Dengan asumsi warga Kota Bandung berjumlah 2,5 juta jiwa maka saat ini jumlah tempat tidur di RS Kota Bandung sudah sangat memadai.
 
 
Karena saat ini, terdapat sebanyak 6.000 tempat tidur di seluruh RS di Kota Bandung.
 
Akan tetapi, pandemi Covid-19 tidak mengenal batas administrasi daerah. Sehingga RS di Kota Bandung juga melayani pasien dari daerah lain.
 
“Sehingga hanya pasien pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga beratlah yang diarahkan masuk ke RS rujukan. Itu akan mengurangi penumpukan pasien di RS juga akan serta merta menurunkan BOR. Namun dengan tetap tidak mengurangi kualitas pelayanan,” jelas Cucu. ***
 
 

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x