Lebih Beracun, Ditemukan 104 Merek Rokok Ilegal Beredar

- 4 Februari 2022, 20:44 WIB
Ilustrasi rokok ilegal
Ilustrasi rokok ilegal /Pexels/Every Thing

BERITA KBB - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan Pemda Provinsi Jabar akan terus berupaya menggempur peredaran rokok ilegal. Pemda Jabar pun berkomitmen agar pendapatan dari hasil pajak cukai tembakau terus memenuhi target.

Demikian diungkap Sekda Jabar Setiawan pada acara dengan tema 'Rokok Ilegal', yang dihadiri secara virtual di Ruang Kerja Sekda Jabar, Jumat (4/2/2022).

"Jawa Barat pada prinsipnya turut mendukung dan mendorong supaya bagaimana pajak khususnya dari cukai tembakau terus bisa mencapai targetnya, oleh karena itu berbagai upaya kita lakukan," ungkap Sekda Setiawan.

Baca Juga: Kabar Baik, Bantuan Sembako Dirubah Menjadi Bantuan Tunai, Jokowi : Jangan Untuk Beli Rokok

Termasuk penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT). Sekda berharap bisa dioptimalkan. Adapun DBH CHT ini sudah ada kriterianya untuk dan bisa digunakan apa saja.

Sebagai contoh dana bagi hasil bisa digunakan untuk pembinaan lingkungan sosial, peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, sosialisasi yang terkait dengan pajak cukai tembakau, lalu yang paling menarik adalah untuk kegiatan pemberantasan barang kena cukai itu sendiri.

Setiawan juga menyebut bahwa belum semua masyarakat memahami terkait cukai ini. Oleh karena itu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat menjadi bagian yang sangat penting.

Baca Juga: Dana Bansos Cair Januari 2021, Jokowi Larang Masyarakat Menggunakannya untuk Beli Rokok

"_Awareness_ dan edukasi harus dibangun. Bagaimana kita memberantas barang ilegal ini di antaranya harus bisa meng-_encourage_ masyarakat, menganjurkan segera infokan ke media apabila melihat kejadian adanya peredaran barang cukai ilegal supaya kita menurunkan aparat kita untuk bisa menindak," tutur Setiawan.

Untuk itu, Pemda Provinsi Jabar melakukan upaya kolaboratif bersama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x