Mini Lab Food Security dan e-Wasmut, Inovasi Membeli Pangan yang Aman

- 30 Juni 2022, 19:52 WIB
/

BERITA KBB - Tumbuh sebagai kota metropolitan, pangan menjadi satu persoalan yang terus diakselerasi Kota Bandung. Salah satu inovasi yang sudah muncul adalah Mini Lab Food Security dan e-Wasmut.

Dalam paparannya di acara Presentasi dan Wawancara Kompetisi Pelayanan Publik Tahun 2022, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan, dari produksi pangan yang tergolong luar biasa di Kota Bandung sehingga keamanan pangan harus dioptimalkan.

Dengan tegas ia menyebut pemerintah perlu memberi garansi bahwa produk pangan yang dikonsumsi masyarakat sudah aman.

Baca Juga: Gaungkan Kedaulatan Pangan, PDIP Jabar Gelar Festival Ikan Bakar Resep Warisan Bung Karno

"Mini Lab Food Security sudah berjalan cukup lama dan berlangsung secara konsisten. Pada saat ingin memberikan info kepada masyarakat kami memerlukan aplikasi melalui e-Wasmut," kata Ema, Rabu 30 Juni 2022.

"Itu terintegrasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan data melalui barcode, data yang lengkap mengenai aman atau tidaknya (pangan di pasar)," imbuhnya.

Untuk diketahui, Mini Lab Food Security sudah terdistribusi ada sekitar 60 pasar modern dan sekitar 34 pasar tradisional di Kota Bandung. Selain itu juga hadir di kalangan PKK, dan kelompok tani.

Baca Juga: Jelang Iduladha Pemkot Bandung Pastikan Komoditas Pangan Aman dan Stabil

Secara teknis, pengawasan keamanan pangan segar melalui penyediaan Mini Lab Food Security di pasar modern, pasar tradisional dan kewilayahan mengunakan 7 macam tes cepat (rapid test).

Selanjutnya, pelaporan hasil pemeriksa dilaporkan melalui grup WhatsApp dan secara daring mengunakan aplikasi e-Wasmut dengan mengakses laman ewasmut.bandung.go.id dengan nama pengguna serta password untuk setiap mini lab.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x