Bantu 34.807 Penyintas Gempa Cianjur di 13 Kecamatan, Rumah Zakat Bantu Salurkan Kepedulian 10.000 Dermawan

- 9 Desember 2022, 14:36 WIB
Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda (kiri), dan GM Strategic & Innovation Faradhina Astri Nabila, saat meluncurkan aplikasi Rumah Zakat App, di Kantor Cabang, Jalan Turangga, Kota Bandung, Jumat,  9 Desember 2022. Melalui Rumah Zakat Apps, para muzaki dapat melacak dana zakat
Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda (kiri), dan GM Strategic & Innovation Faradhina Astri Nabila, saat meluncurkan aplikasi Rumah Zakat App, di Kantor Cabang, Jalan Turangga, Kota Bandung, Jumat, 9 Desember 2022. Melalui Rumah Zakat Apps, para muzaki dapat melacak dana zakat /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Paska gempa bumi magnitudo 5,6 di Cianjur, kepedulian donatur dan para mitra melalui Rumah Zakat telah membantu 34.807 penyintas gempa di 13 kecamatan.

Beragam bantuan telah disalurkan di masa tanggap darurat antara lain evakuasi, makanan siap saji, shelter & shelter kit, layanan kesehatan, perlengkapan bayi, layanan ambulans, hygiene kit, sembako, makanan tambahan, pos hangat, layanan psikososial, penyedian kain kafan dan Superqurban.

“Rumah Zakat memfasilitasi kepedulian lebih dari 10.000 individu dermawan dan juga 76 mitra komunitas maupun korporat untuk menyalurkan dana infak bagi para penyintas gempa cianjur. Hingga saat ini para penyintas masih memerlukan bantuan berupa makanan siap saji, tenda, hunian, layanan kesehatan, penyediaan air bersih/ sanitasi, penerangan, selimut, kebutuhan untuk kelompok rentan, serta terpal dan tikar,” ungkap Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda.

Baca Juga: Kombes Susanto Kesal Atas Ulah Ferdy Sambo:'Jenderal kok tega menghancurkan karier'

Menurut Murni, dana infak yang terkumpul dari para donatur disalurkan sesuai dengan tahapan penanggulangan bencana sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan. Ada dua fase penanganan bencana yang dilakukan oleh Rumah Zakat yakni fase tanggap darurat dan fase pemulihan.

“Di fase pemulihan ada empat program yang kita rancang yakni pendirian masjid darurat, rumah tumbuh, MCK, dan sekolah darurat. InsyaAllah kami siap memfasilitasi lebih banyak lagi pribadi dermawan dan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan rencana ini, sehingga kita bisa membantu para penyintas gempa Cianjur,” tutur Murni.

*Rumah Zakat App untuk Transparasi Dana ZIS*

Tingginya antusiasme masyarakat Indonesia dalam menunaikan zakat, infak, sedekah, menjadi inspirasi bagi Rumah Zakat untuk menyediakan kanal lacak dana ZIS sebagai bentuk transparansi dan juga laporan bagi donatur. Oleh karena itu, Rumah Zakat meluncurkan aplikasi Rumah Zakat App yang saat ini dapat didownload di play store.

Baca Juga: Hendra Kurniawan: Pak Kapolri Sempat Tanyakan ke Saya Soal Pelecehan Seksual Putri Candrawathi

“Melalui Rumah Zakat Apps, para muzaki dapat melacak dana zakatnya apakah sudah tersalurkan kepada penerima manfaat. Termasuk saat para donatur berinfak untuk program peduli cianjur ini. Masyarakat yang mengamanahkan dana Ziswafnya melalui Rumah Zakat dapat melihat riwayat pembayaran Ziswaf serta mengecek status posisi tersalurkan atau belumnya kepada para penerima manfaat,” ungkap Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x