Buruan Sae Ratu, Inovasi Unggulan Kecamatan Buah Batu

- 1 Februari 2023, 16:55 WIB
Buruan SAE
Buruan SAE /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Buruan Sae program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebagai bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan. Program ini dilaksanakan oleh seluruh kecamatan, kelurahan, bahkan hingga tingkat RW di Kota Bandung.

Program ini juga yang telah menjadi keunggulan Kelurahan Margasari Kecamatan Buahbatu.

Buruan Sae Kelurahan Margasari terletak di Jalan Ciwastra No.291. Namanya, Buruan Sae Ratu. Saat ini, Buruan Sae Ratu mempunyai kegiatan utama di bidang pertanian, peternakan, perikanan, buah-buahan, pengolahan kompos dan olahan hasil kebun yang nantinya bisa diperjualbelikan.

Baca Juga: Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R Lengkap dengan Info Harga Motor H2R di Indonesia

Lokasi lahan yang berada di tengah-tengah komplek tidak menyurutkan semangat warga untuk terus berupaya menciptakan ketahanan pangan di lingkungannya.

Buruan Sae Ratu yang awalnya bernama Pokbun Ratu diresmikan pada 8 September 2020 lalu. Hingga akhirnya kemudian bergabung dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung dalam program Buruan Sae pada 15 November 2020 dan dinamakan Buruan Sae Ratu.

Penamaan Buruan Sae Ratu adalah karena banyaknya ibu rumah tangga yang kemudian dinamakan ratu di komplek tersebut yang berkumpul ikut serta memanfaatkan lahan kosong tersebut.

Baca Juga: Pertamina Resmi Naikkan Harga BBM Nonsubsidi Per 1 Februari 2023, Inilah Daftarnya!

Buruan Sae Ratu yang pertama kali dicetuskan oleh Sri Laswantini ini beranggotakan 18 Orang yang merupakan perwakilan dari seluruh RT di wilayah RW 13. Buruan Sae Ratu memanfaatkan lahan kosong di pinggir-pinggir jalan komplek hingga saat ini mempunyai 3 lahan yang diantaranya dipergunakan untuk :

1. Kebun Ratu luasnya 150 meter persegi (m2).
2. Kebun Perluasan seluas 500 m2.
3. Kebun Hidroponik sebanyak 2000 lubang tanam yaitu ada selada, pakcoy dan kangkung.
4. Organik Tower Garden sebanyak 70 buah (50 untuk bawang merah).
5. Kolam Ikan 6 m2 dan 150 m2.
6. Budik Damber 5 ember.
7. Kandang Ayam 4 buah.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x