Jadi Pilar Keempat Demokrasi, Wali Kota Bandung Sebut Pers Perlu Asah Skill Jawab Tantangan Zaman

- 7 Februari 2023, 19:31 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Wali Kota Bandung Yana Mulyana /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Sambut Hari Pers Nasional pada 9 Februari mendatang, banyak harapan yang tersemat untuk pilar keempat demokrasi bangsa ini. Terlebih di era derasnya informasi, pers diharapkan tak hanya menyampaikan berita, tapi juga mampu menenangkan dan menghadirkan perubahan positif.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, masyarakat kini terpapar dengan beragam informasi dari media internet. Saking banyaknya, info hoaks pun berseliweran di sekitar kita.

"Fungsi pers itu sebetulnya bisa memberikan berita yang baik dan sudah terverifikasi ke masyarakat. Tugas pers justru sangat penting untuk melawan hoaks," ujar Yana, Selasa 7 Februari 2023.

Baca Juga: Jemput Bola, Disdukcapil Kota Bandung Layani Registrasi Digital ID

Oleh karena itu, ia berharap, para jurnalis bisa memberikan informasi yang lebih edukatif kepada masyarakat.

Meski kini semua telah berjalan menuju era digital, tapi Yana mengaku lebih nyaman untuk mengikuti informasi lewat media cetak seperti koran dan majalah.

"Memang pasti lambat untuk tahu informasi kalau baca koran. Saya biasanya langganan koran Kompas, Pikiran Rakyat, Tribun Jabar, Koran Gala, dan Radar. Lebih enak baca dari koran daripada baca lewat gadget karena lebih nyaman di mata," ungkapnya.

Baca Juga: Jalin Koordinasi Danlanud Husein Sastranegara Silaturahmi Ke Wali Kota Bandung

Harapan bagi insan pers pun hadir dari tengah para pelaku kegiatannya. Ketua Pewarta Balai Kota Bandung, Yogi Pasha yang telah 19 tahun berkutat di profesi ini berharap, pers terus meningkatkan skill dan kemampuannya.

"Karena saat ini kita bertarung dengan perkembangan zaman terutama di era digital. Insan pers juga harus bisa menguasai, minimal mengetahui perkembangan digital itu sendiri," ujar Yogi. yang merupakan wartawan IDN Times.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x