Trotoar di Ruas Jalan Kota Bandung Akan Dibenahi, Plh Wali Kota: Tidak Boleh Ada Parkir Liar Apalagi Pungli!

- 13 Mei 2023, 13:00 WIB
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna ingin trotoar rusak segera diperbaiki
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna ingin trotoar rusak segera diperbaiki /HUMAS BANDUNG
 

Berita KBB - Atasi penyalahgunaan trotoar menjadi tempat parkir liar oleh pengemudi kendaraan, Pemkot Bandung akan memasang bollard atau tiang pembatas trotoar di sejumlah ruas jalan yang kerap ditemukan parkir liar.

Dikutip dari laman Pemkot Bandung, berkaitan dengan hal itu, mengarahkan pembentukan satgas trotoar di bawah leading sektor Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga yang dibantu Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Plh Wali Kota Ema Sumarna mengatakan, salah satu ruas jalan yang akan dipasangi bollard itu adalah di Jalan Babakan Siliwangi tepatnya di depan Kebun Binatang Bandung.

Baca Juga: Libur Akhir Pekan di Jawa Barat? Cek Prakiraan Hujan di Indonesia Sabtu 13 Mei 2023 dan Minggu Berikut

"Banyak parkir liar, salah satunya depan kebun binatang. Itu akan kita pasang bollard-bollard. Kami juga akan tempatkan petugas dari Dishub dan Satpol PP untuk menjaga trotoar di sekitar sana," ujar Ema, Jumat 12 Mei 2023.


Dirinya menegaskan bahwa di ruas Jalan Babakan Siliwangi itu tidak boleh ada parkir apalagi pungutan liar. Pasalnya, tidak ada kendaraan apapun yang berhak parkir di trotoar.


"Di sana saya mintakan untuk clear, tidak boleh ada parkir. Jangan ada yang malah melakukan pungutan liar," tegas Ema. Jika ada yang melakukan pungutan liar, maka akan ditindak oleh Saber Pungli.

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Sabtu, 13 Mei 2023, Performa Cinta Tak Sederhana Indosiar Masih Berada di TOP 10 Besar

Selain ditertibkan dari kendaraan yang parkir liar, trotoar di ruas jalan tersebut juga akan dibenahi demi kenyamanan para pejalan kaki. Ema menuturkan, pihaknya akan membuat peninggi kerb atau kanstin serta mengecor bollard tersebut.


"Itu (trotoar, red) akan kita buatkan peninggi-peninggi kerb atau kanstin supaya orang tidak merambah menggunakan trotoar untuk parkir. Bollard dicor. Tiap Sabtu-Minggu mereka (Satgas Trotoar, red) jaga di sini," tuturnya.


Diketahui, Satgas Trotoar yang diujicobakan di Jalan Babakan Siliwangi itu juga akan merambah ke lokasi lainnya dan mengamankan serta menjaga infrastruktur trotoar selain dari menertibkan parkir liar.***


 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Pemkot Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x