Mulai Besok KAI Commuter Berlakukan Gapeka 2023, Perjalanan Kereta Wilayah Bandung Diklaim Lebih Singkat

- 31 Mei 2023, 18:52 WIB
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba  menjawab pertanyaan wartawan, saat jumpa pers di Lococafe Kota Bandung, Rabu, 31 Mei 2023.
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjawab pertanyaan wartawan, saat jumpa pers di Lococafe Kota Bandung, Rabu, 31 Mei 2023. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - KAI Commuter pada 1 Juni 2023 nanti akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api atau GAPEKA 2023. Pada GAPEKA baru ini, terdapat perubahan dan penyesuaian perjalanan kereta api di Wilayah 2 Bandung.

Selain pergantian nama Kereta Api Lokal menjadi Commuter Line. KAI Commuter Wilayah 2 Bandung akan mengoperasikan 58 perjalanan tiap harinya untuk masyarakat Bandung dan sekitarnya dalam bermobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya.

Perjalanan tersebut terdiri dari, 40 Perjalanan Commuter Line Bandung Raya relasi Padalarang – Cicalengka, 6 Perjalanan Commuter Line Garut relasi Garut/Cibatu - Padalarang/Purwakarta, 10 Perjalanan Commuter Line Walahar relasi Purwakarta – Cikarang, dan 2 Perjalanan Commuter Line Jatiluhur relasi Cikampek – Cikarang.

Baca Juga: Jelang Sidang Perdana, Terdakwa Mario Dandy dan Shane Lukas Dipindahkan Ke Lapas Salemba, Apa Alasannya?

Rata-rata waktu tempuh perjalanan Commuter Line di wilayah 2 bandung lebih singkat. Selain percepatan waktu tempuh, KAI Commuter juga melakukan penyesuaian dengan memperkecil _headway_ atau waktu tunggu antar perjalanan kereta. Seiring dengan pengembangan dan peningkatan keandalan prasarana di wilayah Bandung dan sekitanya oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub bersama KAI Commuter dan KAI Daop 2 Bandung

Untuk total rata-rata waktu tempuh perjalanan Commuter Line di wilayah 2 Bandung sekitar 6 menit yang sebelumnya selama 119 menit. Khusus perjalanan Commuter Line Bandung Raya rata-rata waktu tempuh selama 95 menit. Sedangkan untuk headwaynya akan berkurang 12 menit menjadi 50 menit.

Perubahan jadwal perjalanan Commuter Line Bandung Raya pada GAPEKA 2023 sebagai berikut:
1. Untuk jadwal perjalanan Commuter Line Bandung Raya relasi Padalarang - Cicalengka pertama pukul 04.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 04.35 WIB.
2. Untuk jadwal perjalanan Commuter Line Bandung Raya relasi Cicalengka - Padalarang pertama pukul 04.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 04.30 WIB.
3. Untuk jadwal perjalanan Commuter Line Bandung Raya terakhir relasi Padalarang – Kiaracondong pukul 23.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 00.20 WIB.
4. Untuk jadwal perjalanan Commuter Line Bandung Raya terakhir relasi Cicalengka - Kiaracondong pukul 23.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 23.05 WIB.

Baca Juga: Kasus Penipuan Tiket Konser Coldplay di Jakarta, Bareskrim Polri Panggil Pihak Vendor Penjualan

Pada pemberlakuan GAPEKA 2023 ini, nantinya KAI Commuter akan mengoperasikan Stasiun Gedebage yang telah rampung selesai dikerjakan oleh DJKA Kemenhub untuk pelayanan naik dan turun pengguna Commuter Line Bandung Raya untuk tujuan Cicalengka dan tujuan Padalarang. Di Stasiun tersebut KAI Commuter telah menyiapkan petugas pelayanan dan keamanan serta melengkapi fasilitas-fasilitas pelayanan seperti lift, eskalator dan tangga manual, loket, musholla, ruang menyusui, serta toilet.

Dengan adanya perubahan dan penyesuaian ini diharapkan para pengguna dapat mengatur dan menyesuaikan dengan jadwal perjalanan terbaru di 1 Juni 2023 . Untuk melihat jadwal perjalanan yang baru dan pemesanan mulai tujuh hari sebelum pemberangkatan dan pembelian tiket Commuter Line di wilayah 2 Bandung bisa melalui aplikasi KAI Access.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x