Buka Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat, Nurul Arifin Minta Pemerintah Daerah Bisa Lebih Peduli

- 1 Juni 2023, 22:25 WIB
/Istimewa/

BERITA KBB - Bertepatan dengan hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, ratusan pesilat yang tergabung dalam Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kota Bandung ambil bagian dalam Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat antar Kecamatan se-Kota Bandung mulai tanggal 1 hingga 3 Juni 2023.

"Dalam kegiatan yang berlangsungtiga hari ini, tidak kurang dari 750 peserta ikut ambil bagian dalam berbagai kategori" ujar Ketua DPD PPSI Kota Bandung Asep Rohendra dalam pembukaan Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat antar Kecamatan se-Kota Bandung, Kamis 1 Juni 2023.

Asep menuturkan, kegiatan ini sekaligus sebagai upaya penjaringan dan seleksi atlet yang akan berlaga pada ajang Pasanggiri Pencak Silat Jawa Barat pada bulan agustus mendatang di Kota Banjar.

Baca Juga: Kang Hengki Bagikan Paket Sembako Untuk Linmas dan Program Merdeka Untuk Ibu Hamil di Rangkaian HUT KBB Ke-16

"Pasanggiri Pencak Silat DPW PPSI Jawa Barat yang akan digelar pada bulan Agustus 2023 ini bertepatan dengan Hari Jadi PPSI dan HUT RI," kata Asep.

Asep menambahkan, meski pencak silat saat ini telah diakui oleh dunia bahkan telah ditetapkan sebagagi warisan dunia takbenda dari Indonesia, namun perhatian dari pemerintah untuk kelestarian seni bela diri asli Indonesia ini masih kurang.

"Alhamdulilah, selama ini DPD PPSI Kota Bandung masih bisa mandiri utamanya dalam pendanaan setiap kali ada event. Perhatian pemerintah dirasa masih sangat kurang," tegas Asep.

Baca Juga: Makna Hari Raya Waisak yang Jatuh Pada Juni 2023, Mengenang Tiga Peristiwa Penting Siddhartha Gautama

Sementara itu, usai membuka acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat antar Kecamatan se-Kota Bandung. Anggota DPR RI Komisi 1 dari dapil Bandung Cimahi, Nurul Arifin mengatakan Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diwariskan oleh leluhur dari generasi ke generasi.

"Tradisi pencak silat ini dikembangkan di berbagai daerah dengan keunikan gerakan dan musik pengiringnya masing-masing, menjadi sebuah harmoni yang indah" ujarnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x