Ada Pohon Berusia 109 Tahun Lebih di Jalan Mohammad Toha, Begini Penampakan dan Sejarahnya

- 26 Oktober 2020, 10:59 WIB
Pohon Tanjung berusia 109 tahun lebih kini dalam pelestarian Markas HUBDAM III/Siliwangi/Arief NK
Pohon Tanjung berusia 109 tahun lebih kini dalam pelestarian Markas HUBDAM III/Siliwangi/Arief NK /BERITA KBB

BERITA KBB -  Tak hanya bangunan - bangunan tua  yang menjadi saksi bisu perjalanan Kota Bandung hingga sekarang ini.

Beragam jenis pohon yang ditanam baik di pelataran kantor - kantor maupun di pinggir-pinggir jalan  juga berperan penting sebagai saksi sejarah berdirinya Kota Bandung.

Salah satunya adalah pohon Tanjung (Mimusops Elengi). Pohon yang satu ini terletak di Markas HUBDAM Kodam III Siliwangi di bilangan  Jalan Mohammad Toha persis depan  Lapangan Tegallega.

Sekilas jika melewati dan memicingkan pandangan ke area ini memang terkesan angker. Maklum, pohon tersebut sangat rimbun dengan akarnya yang menyebar begitu banyak baik dari atas maupun di bawahnya. 

Apalagi, jika dilihat pada malam hari, kesan angker begitu terasa karena pohon ini berdiri sendiri di pinggir lapangan dan bersebelahan dengan aliran sungai Ciregol.

Namun, setelah pihak HUBDAM menggalakan penghijauan pada 2019 lalu dan seluruh sudutnya dipasangi penerangan, tidak ada lagi kesan angker pada tempat tertanamnya pohon ini.

Pihak HUBDAM pun merawat baik - baik pohon Tanjung ini karena dianggap cukup langka.

Bahkan, pihak HUBDAM memasangi sebuah papan yang bertuliskan tentang usia dan asal usul pohon tersebut.

"Pohon ini  telah masuk ke Nusantara sejak berabad - abad yang silam, merupakan tumbuhan tropis, pohon ini juga dikenal dengan nama - nama, Tanjong, Tanju, AngkatanWijaja dan Kahekis. Pohon Tanjung bertajuk rindang, bisa ditanam di taman - taman dan sisi jalan. Pohon ini telah ada sejak berdirinya  Bangunan Mosvia yang sekarang digunakan sebagai kantor MAHUBDAM  III/SLW. Pohon ini diperkirakan berusia lebih dari 109 tahun," demikian isi tulisan di papan tersebut sekaligus  cara MAHUBAD  III/SLW dalam melestarikan pohon Tanjung yang terbilang langka itu.

Selain pohon Tanjung, pihak MAHUBDAM III/SLW pun memberikan perhatian yang sama kepada seluruh pohon yang ada di lingkungan sekitar sejak program dan gerakan  penghijauan digalakan di kesatuan yang satu ini.

Sekilas tentang  kawasan Kantor dan Gedung MAHUBDAM III/SLW menarik untuk disimak.

Halaman:

Editor: Arief NK


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x